Yuk Cek 5 Tips Persiapan Hadapi Ujian Mandiri PTN!




Persiapan Hadapi Ujian Mandiri PTN
Ilustrasi: Persiapan Hadapi Ujian Mandiri PTN

JAKARTA, KalderaNews.com– Kamu belum berhasil menembus kampus impian lewat jalur SBMPTN? Jangan berkecil hati ya! Kamu masih memiliki peluang melalui jalur mandiri. Jalur mandiri atau seleksi mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikelola masing-masing kampus.

Kamu sudah siap berjuang menghadapi ujian mandiri? Yuk cek 5 tips berikut persiapan menghadapi Ujian Mandiri:

Cari informasi lengkap
Agar kamu tak kelewatan dan tidak ada persyaratan yang terlupakan, maka kamu harus rajin mencari informasi lengkap terkait pelaksanaan ujian mandiri dari kampus tujuanmu. Catat jadwal pendaftaran, biaya yang harus kamu keluarkan, dan apa saja yang harus kamu siapkan. Semua bisa kamu cek di website masing-masing universitas.

BACA JUGA:

Semangat belajar
Meskipun ada PTN yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2019 sebagai indikator penilaian seleksi mandiri, masih ada beberapa PTN yang tetap menggunakan jalur ujian tulis. Maka, jangan sampai kendor belajarnya. Ketahui materi apa yang belum kamu kuasai dan kembali bangkit untuk lebih siap lagi.

Terus berlatih soal
Bisa dibilang, ini kesempatan terakhir kamu agar bisa diterima di PTN pilihan, maka tingkatkan juga target yang harus kamu capai. Jangan pernah lewatkan harimu tanpa mengerjakan soal. Kamu bisa mengerjakan soal-soal tahun lalu dan memahami konsep dasarnya agar bisa mengerjakan soal yang mempunyai kemiripan materi.

Siapkan berkas yang dibutuhkan
Berkas atau dokumen yang harus kamu siapkan untuk seleksi mandiri biasanya lebih banyak dibandingkan berkas untuk SNMPTN ataupun SBMPTN. Aturan dan kelengkapan untuk seleksi mandiri ditetapkan masing-masing PTN. Maka, kamu harus mencari informasi lengkapnya di website masing-masing universitas.

Ketahui daya tampung jalur mandiri
Pastikan kamu sudah mengecek daya tampung dari masing-masing kampus dan prodi incaranmu dengan seksama.

So, itulah beberapa tips agar kamu lebih siap menghadapi ujian mandiri di kampus pilihan kamu. Selamat belajar! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*