Simak 8 Negara Tujuan Studi Paling Favorit di Asia




Pelajar Internasional di Jepang
Pelajar Internasional di Jepang (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah ke luar negeri tidak perlu jauh-jauh kalau universitas terdekat atau di dalam negeri saja sudah memiliki kualitas dan peringkat bergengsi. QS World University Rankings (WUR) telah merilis beberapa universitas di Asia yang masuk peringkat dunia.

Menariknya lagi, ada 17 kota di Asia masuk dalam 50 peringkat teratas menawarkan sistem pendidikan tinggi terkuat di dunia.

BACA JUGA:

Berikut ini 8 negara di Asia yang bisa dijadikan pilihan untuk menimba ilmu versi QS World University Rankings (WUR):

  1. Malaysia
    Malaysia nagkring di peringkat ke- 25 di dunia. Malaysia memiliki universitas yang tersohor di dunia dan kampus cabang internasional semisal Universitas Nottingham di Inggris. Setidaknya ada 26 universitas Malaysia di QS Asia University Rankings 2019, enam di antaranya masuk dalam 100 besar, di antaranya Universiti Malaya berada di peringkat tertinggi pada gabungan ke-19.
  2. Taiwan
    Taiwan memiliki sistem pendidikan tinggi yang kuat (peringkat ke-19 dalam Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS). Taiwan memiliki 36 universitas yang masuk peringkat Asia terbaru, dengan lima di atas 50, termasuk Taiwan National University (NTU) di tempat ke-22.
  3. Indonesia
    Pendidikan tinggi di Indonesia tumbuh signifikan dan saat ini menampung sekitar 5.700 lebih siswa internasional. Sebanyak 22 universitas Indonesia berada di peringkat ke-350 teratas di peringkat Asia terbaru, dengan Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat ke-57.
  4. China
    China adalah termasuk negara tujuan studi non-Eropa paling populer di dunia dengan 377.000 siswa internasional terdaftar pada 2014. Sebanyak 113 universitas China masuk dalam peringkat Asia, dengan Universitas Tsinghua memimpin berada di peringkat ketiga.
  5. Singapura
    Singapura memiliki National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada di peringkat ketiga terbaik bersama Universitas Tsinghua. Sistem pendidikan tinggi Singapura menduduki peringkat ke-28 dalam peringkat kekuatan sistem pendidikan.
  6. Jepang
    Jepang menempati peringkat ke-10 dalam Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS dengan 267.000 siswa internasional. Universitas peringkat tertinggi Jepang di peringkat Asia adalah University of Tokyo pada peringkat ke-11, dan 88 universitas Jepang lain masuk dalam 500 besar teratas di Asia.
  7. Korea Selatan
    Sistem pendidikan tinggi Korea Selatan berada di peringkat kesembilan dalam peringkat kekuatan sistem pendidikan. Ibu kota Seoul berada di peringkat ke-10 di Kota Pelajar Terbaik 2018 dimana 58 universitas Korea Selatan masuk dalam 500 peringkat teratas di Asia tahun ini, termasuk KAIST berlokasi di pusat teknologi Daejeon.
  8. Hong Kong
    Sistem pendidikan tinggi Hong Kong masuk peringkat ke-18 di dunia dan berada di peringkat ke-12 dalam indeks Kota Pelajar Terbaik dengan tujuh universitas di Hong Kong masuk dalam peringkat Asia, tiga berada di 10 teratas termasuk Universitas Hong Kong (HKU) dan Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (HKUST). (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*