Gagal SBMPTN, Jangan Galau, 3 PTS Terbaik Ini Masih Buka Pendaftaran

Universitas Telkom
Ilustrasi: Universitas Telkom

JAKARTA, KalderaNews.com– Peserta yang gagal dalam SBMPTN 2019 masih memiliki kesempatan untuk berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS). Beberapa PTS terkemuka seperti Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Atma Jaya Jakarta, dan Universitas Telkom masih membuka penerimaan mahasiswa baru.

Tiga PTS tersebut, menurut Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), adalah PTS terbaik pada 2018.

BACA JUGA:

Universitas Islam Indonesia (UII)
Terdapat empat pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UII, yaitu Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

CBT di Kampus Terpadu UII dilaksanakan sejak 11 Januari 2019 hingga 3 Agustus 2019 setiap Senin sampai Sabtu, pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, kecuali hari libur.

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diadakan secara tertulis. Ujian dilakukan dalam lima gelombang. Saat ini masih ada PBT IV dengan waktu ujian 16 Juni, dan PBT V dengan waktu ujian 14 Juli.

PSB dibagi menjadi empat kategori, yaitu kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik, kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni, Kategori Beasiswa Duafa, dan Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). Terdapat enam gelombang PSB, dan kini masih ada PSB IV (tenggat waktu 13 Juni 2019), PSB V (tenggat waktu 10 Juli 2019), dan PSB VI (tenggat waktu 6 Agustus 2019).

Sementara, PHA menyisakan satu gelombang, yakni PHA II pada 13 Juni 2019.

UII memiliki program diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan profesi. Tersedia ragam pilihan program studi dari ilmu sosial, ekonomi, hukum, agama, sains, dan teknik. Untuk informasi lebih detail bisa langsung cek di laman resmi UII.

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Universitas Atma Jaya Jakarta juga masih membuka kesempatan pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Kini, PMB di universitas tersebut masuk dalam periode Juni (pendaftaran online 20 Mei sampai 21 Juni 2019) dan periode Juli (pendaftaran online 24 Juni sampai 12 Juli 2019). Untuk info selanjutnya, kamu bisa cek langsung di laman resminya.

Universitas Telkom
Universitas Telkom Bandung pun masih membuka kesempatan pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Undangan Seleksi Mitra 3 (USM) dan jalur Beasiswa Bidikmisi.

Persyaratan untuk USM 3:

  • Periode pendaftaran 17 Juni 2019-18 Juli 2019
  • Lulusan 2 tahun terakhir (2018-2019)
  • Rapor Semester 1 sampai 4 dengan nilai rata-rata 75 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika (Khusus IPA/SMK Teknik)
  • Surat rekomendasi dari tempat orangtua bekerja.

Sementara, jalur Bidikmisi merupakan jalur non tes tulis dan seleksi menggunakan nilai rapor. Pendaftaran jalur ini mulai 1 Juli-18 Juli 2019. Untuk informasi lebih detail cek di laman resmi Universitas Telkom. Untuk informasi detail, kamu bisa cek di laman resminya.

So, itulah informasi pendaftaran di 3 PTS terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti pada 2018. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*