Tim Fisika Indonesia Baru Gondol Perak dan Perunggu dari IPhO Israel




TEL AVIV, KalderaNews.com – Tim Olimpiade Fisika Indonesia meraih 4 perak dan 1 perunggu di ajang “International Physics Olympiad” ke-50 di Tel Aviv, Israel pada 7-15 Juli 2019 lalu.

Keempat peraih medali adalah Gusti Putu Surya Govinda Atmaja, SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta (Perak), Ivander Jonathan Marella Waskito, SMA Mawar Sharon Christian School, Surabaya (Perak), Nixon Widjaja, SMAK IPEKA Plus BSD, Tangerang (Perak), Yuwanza Ramadhan, SMAN 1 Depok (Perak), dan  Daffa Fathani Adila, SMAN 8 Jakarta (Perunggu).

BACA JUGA:

Diketahui, IPhO adalah kompetisi tahunan dalam bidang fisika secara teori dan eksperimen untuk siswa sekolah menengah (SMA). IPhO ke-50 tahun ini diorganisasikan dan didukung Kementerian Pendidikan Israel dan Sekolah Fisika dan Astronomi di Universitas Tel Aviv.

Keberangkatan Tim Olimpiade Fisika Indonesia ini merupakan upaya mandiri karena Pemerintah Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. 

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah memberangkat tim fisika nya ke event EuPhO (European Physics Olympiad). EuPhO tahun 2019 ini adalah event yang ke 3 yang diselenggarakan di Riga, Latvia. Dalam kompetisi ini, Tim Olimpiade Fisika Indonesia memperoleh raihan prestasi 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Delagasi tim olimpiade fisika Indonesia yang dipimpin Syamsu Rosid dari Universitas Indonesia tiba kembali di Tanah Air, Selasa, 16 Jul 2019. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*