Yuk Cek 4 Kiat Cara Belajar Mahasiswa!




Kiat Mahasiswa Baru
Ilustrasi: Kiat Mahasiswa Baru

JAKARTA, KalderaNews.com– Dunia perkuliahan memiliki sistem pembelajaran yang berbeda dengan yang biasa kamu rasakan saat masih SMA/SMK. Saat kuliah, jadwal belajar bergantung kepada jumlah mata kuliah yang kamu ambil. Bisa jadi, dalam sehari kamu belajar hanya dua jam di kelas.

Meski waktu perkuliahan terbilang singkat, tapi waktu kamu akan banyak tersita untuk menyelesaikan tugas dari setiap mata kuliah. Bahkan mahasiswa harus memotong waktu istirahatnya demi menyelesaikan tumpukan tugas itu. Nah, agar kamu sukses saat kuliah nanti, yuk cek 4 tips cara belajar mahasiswa berikut ini:

Manajemen waktu yang baik
Agar dapat menyelesaikan masa pembelajaran, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu yang tepat dapat membuat kamu melalui masa perkuliahan lebih mudah. Pastikan kamu menggunakan waktu yang efektif untuk beristirahat, karena untuk bisa sukses saat kuliah, kamu harus memiliki kesehatan yang prima.

BACA JUGA:

Motivasi yang kuat
Selama menjadi mahasiswa, ada saatnya kamu akan merasa berada di titik jenuh, maka jangan langsung merasa gagal dan menyerah. Ingatlah kembali motivasi yang kamu miliki saat memilih untuk melanjutkan studi di kampus pilihanmu. Kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk menghadapi semua tantangan selama kuliah. Anggaplah itu sebagai pembelajaran yang kelak pasti akan bermanfaat.

Mahasiswa yang aktif
Menjadi mahasiswa itu tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri. Kamu mesti berhubungan dengan siapa pun. Selama masa perkuliahan, kamu akan sering dihadapkan dengan kondisi yang harus diselesaikan secara berkelompok. Maka, jadilah mahasiswa aktif yang membangun hubungan dengan teman satu angkatan, kakak tingkat, adik tingkat, alumni, juga para staf ataupun dosen. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan.

Mengelola stres
Belajarlah mengelola stres yang kamu rasakan. Jangan biarkan stres itu mengganggu fokus kamu dalam belajar. Sesekali pergilah berlibur, berkumpul dengan teman-teman, atau melakukan hobi yang kamu suka, untuk menjernihkan pikiran.

So, itulah kiat bagi para calon mahasiswa. Selamat mencoba! (yp)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*