Yuk Siap-Siap Kuliah, Ikuti 10 Tips Ini




Persiapan Kuliah
Ilustrasi: Persiapan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com– Kamu sudah diterima di kampus impian? Tentu saat ini sedang mempersiapkan diri memasuki gerbang pendidikan tinggi dengan semangat yang tinggi pula. Karena system pendidikan di perguruan tinggi berbeda dengan SMA, maka kamu mesti mempersiapkan segala hal agar sukses menjalani masa perkuliahan. Yuk intip tips berikut agar kamu lebih siap lagi masuk ke kampus impian:

Persiapan Mental
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan mental dengan sebaiknya. Jika di bangku SMA, kamu mungkin siap menerima materi dari sekolah, kini ubah mental kamu menjadi mahasiswa yang aktif mencari semua informasi sendiri.

BACA JUGA:

Adaptasi
Kunci sukses agar kamu betah menjalani masa kuliah hingga lulus adalah mampu beradaptasi dengan baik. Persiapkan diri untuk siap beradaptasi dengan lingkungan kampus baru, sistem pembelajaran, staf dan dosen, pertemanan, dan sebagainya.

Pahami Seluk Beluk Kampus
Sebenarnya hal ini mungkin sudah kamu pertimbangkan sebelum mendaftarkan diri. Kamu wajib tahu seluk beluk kampus idaman yang hendak dijadikan tujuan kuliah.

Mempersiapkan Peralatan
Peralatan standar seperti laptop, buku atau materi ajar merupakan hal yang harus kamu persiapkan lebih dulu. Selain itu, persiapan kuliah yang lain tergantung jurusan yang kamu pilih. Setiap jurusan tertentu memiliki peralatan khusus yang harus kamu miliki.

Pakaian
Berbeda dengan bangku SMA yang memakai seragam, kuliah dibebaskan berpakaian selama masih menggunakan baju yang sopan. Kamu wajib mempersiapkan kebutuhan pakaian seperti celana, kemeja, sneaker atau flat shoes dan sebagainya.

Tempat Tinggal
Jika lokasi kampus dekat dengan domisili, kamu mungkin bisa mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Tetapi jika kamu hendak kuliah di luar kota, sebaiknya pastikan dulu menyewa tempat tinggal yang nyaman dan dekat dengan kampus.

Sistem Transportasi
Kamu juga harus tahu jalur transportasi agar bisa mendukung kuliah yang lancar dan aman. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang memudahkan mobilitas. Sebaiknya ketahui rute atau jalur paling cepat dan aman menuju kampus.

Pergaulan
Kamu juga harus siap dengan pergaulan di kampus, termasuk menjadikan diri aktif berteman dengan senior. Jangan malu bertanya pada dosen atau staf di kampus sebab kamu pasti belum tahu mengenai mata kuliah, kegiatan perkuliahan, dan lain-lain.

Kegiatan Non Akademik
Kamu juga bisa mengikuti kegiatan non akademik yang akan memberikan pengalaman dan praktik lapangan. Pengalaman ini akan amat bermanfaat kelak ketika kamu memasuki dunia kerja.

Manajemen Waktu
Kamu perlu belajar mengatur waktu secara mandiri. Senantiasa buat prioritas agar kamu bisa semakin berkembang dan lulus tepat waktu.

Nah, kamu semakin siap memasuki dunia perkuliahan kan! Semoga bermanfaat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*