Bermacam-macam Beasiswa ke Jepang yang Perlu Kamu Tahu

Anak-anak di Jepang
Anak-anak di Jepang (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di Jepang memang menjadi impian sebagaian pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Jepang adalah negara di Asia dengan kualitas pendidikan tinggi yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini bisa dilihat pada prestasi yang konsisten di peringkat universitas dunia. Universitas-universitas di Jepang memiliki tradisi ini bertahun-tahun dan banyak sekali penemuan terkenal, robot dan merek-merek yang memiliki akar di universitas-univeristas di Jepang.

Pemerintah Jepang sangat bersemangat menyambut mahasiswa internasional dan telah menetapkan target yang ambisius untuk merekrut 300,000 mahasiswa asing untuk kuliah di negara tersebut pada 2020.

BACA JUGA:

Tak mengherankan, hingga kini ada beragam beasiswa yang ditawarkan. Penasaran? Simak yuk:

1. Beasiswa Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho atau MEXT

Beasiswa ini termasuk salah satu beasiswa favorit untuk ke Jepang karena cakupan pembiayaannya yang menyeluruh. Beasiswa MEXT ini dibuka setiap tahunnya melalui Kedutaan Besar Pemerintah Jepang di masing-masing negara. Beasiswa MEXT ini terbuka untuk umum dan tidak ada ikatan dinas setelah selesai. Ada pilihan beasiswa untuk D2, D3, S1, dan Research Student (S2 atau S3). Pembukaan beasiswa ini sekitar Maret-April untuk masuk ke tahun ajaran berikutnya. Selain itu ada juga program Teacher Training yang ditujukan untuk guru-guru di Indonesia selama 1,5 tahun dan Japanese Studies khusus untuk mahasiswa jurusan Jepang selama 1 tahun. Klik: Beasiswa Monbukagakusho.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*