LAPAN-Unhan Kolaborasi Pendidikan Magister dan Doktoral Berbasis Riset




Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Rektor Unhan, Letnan Jendral TNI Dr. Tri Legionosuko
Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Rektor Unhan, Letnan Jendral TNI Dr. Tri Legionosuko usai menekan Nota Kesepahaman (KalderaNews/LAPAN)

JAKARTA, KalderaNews.com – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Letnan Jendral TNI Dr. Tri Legionosuk menegaskan Unhan tidak hanya sebagai perguruan tinggi yang memberikan pendidikan yang secara umum seperti halnya perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Unhan juga memberikan pengajaran dan pemahaman mengenai nilai-nilai pertahanan negara serta menanamkan konsep bela negara bagi seluruh mahasiswanya.

Karena itu, ia mengapresiasi terjalinnya kerja sama dengan LAPAN yang merupakan institusi yang mengembangkan teknologi keantariksaan. Manfaatnya dapat meningkatkan harga diri bangsa di mata dunia.

Untuk itu, Tri berharap agar kerja sama ini dapat mendukung pendidikan di Unhan. Harapan Rektor disambut baik Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin yang juga berharap kedua institusi dapat saling memperkuat sumber daya yang dimiliki masing-masing.

BACA JUGA:

Sebagai bentuk implementasi dari Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan serta Pengabdian Masyarakat di Bidang Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa yang ditandatangani tersebut, dalam acara ini, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan, Romie Oktovianus Bura di Gedung Rektorat Unhan, Sentul, Bogor, Rabu, 31 Juli 2019.

Naskah ini berisi tentang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan serta Pengabdian Masyarakat di Bidang Teknologi Penerbangan, Roket dan Satelit. Lingkup kerja samanya mencakup antara lain pendidikan bergelar magister dan doktoral (berbasis riset), penelitian, bimbingan teknis, kuliah tamu, dan penyelenggaraan kegiatan bersama, serta publikasi ilmiah.

Kedua naskah kerja sama tersebut akan menjadi pedoman bagi kedua institusi untuk berkolaborasi selama lima tahun mendatang. Usai seremonial penandatanganan, Kepala LAPAN memberikan kuliah tamu kepada 230 mahasiswa Strata 2 dan pengajar di Unhan dengan tema Perkembangan dan Pemanfaatan Teknologi Penerbangan dan Antariksa (termasuk untuk Hankam).

Pada kesempatan tersebut, Kepala LAPAN menyampaikan perkembangan teknologi penerbangan di LAPAN, perkembangan teknologi antariksa, pemanfaatan teknologi antariksa, serta pemanfaatan teknologi antariksa untuk pertahanan dan keamanan negara. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*