Mau Jadi Anak Kos, Ikuti Tips Hemat Berikut!




Tips Hemat Anak Kos
Ilustrasi: Tips Hemat Anak Kos

JAKARTA, KalderaNews.com – Hidup merantau sebagai anak kos, bukan perkara mudah. Di samping harus fokus pada kegiatan akademik, kamu dituntut mengatur semua kebutuhan secara mandiri. Kamu mau tahu cara menghemat ala anak rantau? Yuk ikuti tips berikut:

Cari kos dekat kampus
Sebisa mungkin, kamu cari lokasi tempat kos yang terdekat dari kampus. Jika tak memungkinkan, cari yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Lokasi kos yang dekat dengan kampus bisa menghemat biaya transportasi sekaligus lebih sehat, karena jadi lebih sering berjalan kaki.

BACA JUGA:

Buat tabel pengeluaran
Buatlah tabel pengeluaran dan membuat prioritas pengeluaran setiap bulan, sehingga kamu akan lebih cerdas dalam berbelanja. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui secara pasti jumlah pengeluaran setiap bulan.

Daftar belanja bulanan
Setiap kamu mendapatkan uang bulanan, cobalah buat daftar belanjaan yang memang kamu butuhkan untuk satu bulan. Lantas, belanjakan barang-barang yang hanya ada di catatan saja. Lakukan kegiatan belanja bulanan sekaligus sekali dalam satu bulan.

Nabung
Menabung itu penting. Maka, jangan lupa menyisihkan uang tabungan setelah kamu mendapatkan uang bulanan. Sisihkan minimal 5-10% uang bulanan yang kamu terima untuk ditabung. Tabungan ini akan sangat berguna jika kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak atau saat kondisi keuangan sedang menipis.

Magang atau freelance
Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mencari cara untuk menambah pemasukan dengan mencari lowongan kerja magang atau freelance. Saat ini sudah banyak lowongan kerja freelance di berbagai daerah yang bisa menjadi sumber tambahan uang bulananmu. Apalagi jika uang hasil kerja kamu ini bisa membantu untuk bayar kuliah dan meringankan beban orangtua. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*