3 Rahasia dan Tips Menguasai Desain Grafis




Juri Desain Poster di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMA, Surianto Rustan, M.Sn
Juri Desain Poster di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMA, Surianto Rustan, M.Sn (KalderaNews/PSMS Kemdikbud)

BANDAR LAMPUNG, KalderaNews.com – Tantangan dunia desain grafis saat ini adalah discruption. Gara-gara teknologi, semuanya berubah. Desain pun beralih ke teknologi. Yang manual digantikan dengan teknologi dan semua orang merasa bisa mendesain.

Mendesain pun kini hanya dari telepon genggam, namun bisa memunculkan anggapan salah kaprah bahwa merancang adalah pekerjaan yang mudah dan instant.

BACA JUGA:

Menurut Juri Desain Poster di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMA, Surianto Rustan, M.Sn, ada tiga unsur yang harus dipenuhi dalam membuat karya agar tidak dapat tergantikan oleh teknologi:

  1. Form
    Adalah satu dari tiga unsur penting dalam merancang grafis. Form itu ibarat permukaan yakni apa yang terlihat secara fisik baik itu dari segi gambar, warna, dan hurufnya.
  2. Konten
    Adalah isi pesan yang ingin disampaikan. Isi dari gambar ini mewakili apa, tulisan ini mewakili apa, ada makna dan pesan yang ingin kita sampaikan melalui hasil rancangan itu.
  3. Konteks
    Seorang perancang grafis harus bisa menjawab persoalan yang ada. Ia mengambil contoh terkait antisampah plastik. Menurutnya, untuk memenuhi unsur konteks maka seorang perancang harus bisa menyampaikan pesan bahwa sampah plastik itu tidak baik. Setelah itu, barulah ia membuat peta pemikiran atau map mapping sebelum mengeksekusi idenya menjadi sebuah karya. Konteks itu harus dipikirkan, bukan hanya gambar itu keren tapi cuma keren aja. Lalu konteksnya apa? Padahal, kalau orang melihat poster kita, mereka harus bisa berpikir pada diri sendiri bagaimana caranya untuk menghentikan penggunaan plastik padahal saya masih butuh plastik.

“Dengan ketiga unsur itu, maka diharapkan pesan itu sampai dan persuasinya sampai pada aksi orang tersebut sesuai dengan apa yang kita ingin mereka lakukan,” pungkasnya. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*