Bukan di Desa Penari, Apa Sih Manfaat KKN




Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Ilustrasi: Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak

JAKARTA, KalderaNews.com – Kisah horor “KKN di Desa Penari” masih viral ya? Tapi yang ini bukan membahas tentang kisah horor itu lho. Bagi mahasiswa, KKN alias kuliah kerja nyata merupakan kegiatan perkuliahan yang wajib diikuti sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lalu, apa sih manfaat KKN? Simak penjelasannya berikut ini:

Melatih Kecerdasan Sosial
Melalui KKN, mahasiswa akan didekatkan dengan persoalan-persoalan nyata di tengah masyarakat. Selain itu juga akan mengasah kepekaan dalam bersosialisasi dengan orang-orang yang baru dikenal. Dengan bertemu dengan orang baru dan tentu persoalan-persoalan baru, kamu akan semakin ditantang untuk peduli dengan masalah sosial yang ada di sekitar. Selain itu, kamu juga akan semakin peka terhadap tata cara, aturan, norma, atau adat yang berlaku di setiap daerah. Hal ini tentu akan membantu kamu dalam mengasah kecerdasan sosial.

BACA JUGA:

Mengasah Kemandirian
Tentang kemandirian sebenarnya sudah bukan persoalan baru bagi seorang mahasiswa. Karena sebagai mahasiswa, kamu mestinya sudah bisa mengurus semua hal secara mandiri. Nah, KKN akan semakin mengasah tingkat kemandirian kamu, terutama dalam memecahkan dan memberikan solusi terhadap beragam persoalan sosial di tempat KKN.

Mengembangkan Sikap Profesional
Dalam KKN, kamu akan dituntut membuat program kerja (proker), baik secara mandiri maupun berkelompok. Di sini, kamu mesti bisa merancang, mengeksekusi, dan mengevaluasi setiap program kerja bersama kelompok maupun warga di mana kamu KKN. Maka, dengan membuat, melaksanakan, dan mengevaluasi program kerja, kamu dilatih memiliki sikap profesional. Sikap ini akan amat bermanfaat kelak ketika kamu masuk dunia kerja atau mengembangkan usaha pribadi.

Berlatih Kerjasama
KKN yang biasanya berkelompok, tentu akan melatih keterampilan kamu dalam bekerja sama dengan mahasiswa lain. Apalagi pada umumnya, kelompok KKN ini bukan berasal dari fakultas atau jurusan sama. Jadi, kamu mesti bekerja sama dengan teman-teman baru dari fakultas atau jurusan yang berbeda. Selain itu, dalam menjalankan program kerja KKN, kamu juga akan bekerja sama dnegan aparat desa tempat kamu KKN. Latihan kerjasama ini tentu akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja.

Meningkatkan Keterampilan Problem Solving
Melalui program kerja KKN, sebenarnya kamu sedang berlatih memberikan solusi terhadap suatu persoalan atau problem solving. Dengan terjun langsung di tengah masyarakat dan bersama-sama memecahkan persoalan, maka keterampilan problem solving kamu akan semakin meningkat.

So, itulah beberapa manfaat KKN bagi mahasiswa. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*