Gegara Singkong dan Eceng Gondok, Siswa Lamongan Sabet Juara di Malaysia




Tim Indonesia dalam ajang Young Inventors Challenge (YIC)
Tim Indonesia dalam ajang Young Inventors Challenge (YIC) (Dok. Pribadi)

LAMONGAN, KalderaNews.com – Siswa Indonesia meraih penghargaan di ajang Kompetisi Penemu Muda atau Young Inventors Challenge (YIC) yang digelar 21 September 2019 di Malaysian Global Innovation and Creativity Center (MAGIC) Cyberjaya, Malaysia. Prestasi ini diraih Siti Nur Kholisah dan Suprihatin dari SMA Negeri 1 Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur.

Mereka meraih juara berkat penelitian berjudul Biofoam Engkong, yaitu tentang foam yang berasal dari eceng gondok dan tepung singkong. Kedua bahan tersebut dirancang sebagai thermal insulator atau penahan panas dalam ruangan.

BACA JUGA:

Penelitian ini bersaing ketat dengan 446 pendaftar yang berasal dari 10 negara di Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Mynmar, Vietnam, Tiongkok, dan Timor Leste. Indonesia mengirimkan 3 tim terbaiknya.

Tema yang diangkat pada YIC 2019 adalah Sustainable Development Goals-12 yang bertujuan untuk memastikan pola konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab pada lingkungan, sosial, dan budaya.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA), Purwadi Sutanto menyatakan bahwa tim Indonesia pada gelaran YIC 2019 ini terpilih melalui seleksi nasional, yaitu Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2018. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*