Menkominfo: Indonesia Segera Punya Unicorn Edutech, Siapa Ya?

Menanti Unicorn Edutech
Ilustrasi: Menanti Unicorn Edutech

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, tahun ini bakal muncul satu startup unicorn lagi di Indonesia. Menariknya, startup itu bergerak di dunia pendidikan. Ia menambahkan, pemerintah berkomitmen akan terus berkolaborasi dengan startup.

BACA JUGA:

“Ini perkiraan saya. Saya juga belum bisa memastikan, tergantung yang mau invest kan itu di edutech memang. Edutech yang pendanaannya sudah di ronde-ronde atas, bukan level seed capital atau di seri A tapi sudah di seri D atau ke atas,” ujar Rudiantara di dalam gelaran Google Cloud Summit di JIExpo Convention Center and Theatre, Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, masuknya sektor edutech sebagai unicorn di Indonesia sudah sejalan undang-undang dasar yang menyebutkan, minimal 20 persen dari APBN harus untuk sektor pendidikan. Sementara, untuk mendukung startup, Rudiantara berjanji segera memfasilitasi perusahaan ini. “Itulah alasan pemerintah punya program next Indonesia unicorn,” katanya.

Menurut CBInsights, Indonesia memiliki empat startup unicorn atau bervaluasi di atas US$1 miliar, yaitu Gojek (ride-hailing), Tokopedia (e-commerce), Traveloka (online travel), dan Bukalapak (e-commerce). (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*