Siswa Madrasah Ciptakan Robot Pemilah Telur Busuk, Juara di Malaysia




Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarstya Esza
Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarstya Esza (Dok.Kemenag)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com –  Dua siswa MAN 1 Yogyakarta, Abizard Rahadiyan Wahyudi dan Ammarstya Esza, berhasil menyabet prestasi dalam International Robotic Competition di Malaysia. “Alhamdulillah, Abizard dan Ammarsatya berhasil mengharumkan MAN 1 Yogyakarta. Semoga bisa menjadi jalan kesuksesan,” ujar Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi.

BACA JUGA:

Dua siswa madrasah ini meraih emas pada cabang kategori Creative. Ada delapan kategori yang dilombakan, yakni Creative, Soccer Robot, Autonomous Sumo, Mini Combat, Treasure Hunt, Time Rush, Rove and Drone. Hasil karya dua siswa diberi nama Automated Egg Sorter based on Convegor and light sensor atau robot yang mampu mensortir telor secara otomatis berbasis cahaya. Karya kreatif ini mereka dapatkan ketika berkunjung di salah satu peternakan ayam petelur. Inovasi ini juga terinspirasi dari cara peternak memilah telur ayam secara manual dan sederhana, yaitu dengan air atau diterawang satu persatu dengan cahaya. “Robot ini akan lebih memudahkan dalam memilah dan membedakan antara telur segar dan telur busuk,” papar Abizard.

Abizard juga telah meraih banyak prestasi dalam bidang robotik, seperti Juara 1 Aurora Robotic Competition 2016, Juara 3 Madrasah Robotic Competition Kemenag Pusat 2016, Juara 1 Aurora Robotic Competition 2017, Juara 1 Madrasah Robotic Competition 2018 Kemenag Pusat, dan Juara 3 KRPY Taman Pintar UGM Tahun 2018. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*