Begini Keseruan Siswa-siswi Chicago Belajar Bikin Tempe




Tempe Culinary Workshop yang diselenggarakan oleh KJRI Chicago, Jumat, 11 September 2019.
Tempe Culinary Workshop yang diselenggarakan oleh KJRI Chicago, Jumat, 11 September 2019 (KalderaNews/KJRI Chicago)

CHICAGO, KalderaNews.com – Tempe, makanan khas Indonesia, semakin mendunia. Kali ini, tidak kurang dari 20 orang siswa siswi sekolah kuliner dan foodies asal Chicago belajar cara membuat tempe pada acara Tempe Culinary Workshop yang diselenggarakan oleh KJRI Chicago, Jumat, 11 September 2019.

“Acara ini merupakan upaya KJRI Chicago mendorong tempe untuk lebih dikenal di kalangan kuliner Amerika Serikat, khususnya di Midwest,” ujar Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid.

Lebih jauh lagi, ia menjelaskan sebagai makanan sehat khas Indonesia, tempe merupakan gift (hadiah) Indonesia untuk dunia. Tempe memiliki nutrisi protein yang baik, mudah pembuatannya dan mudah pula pengolahannya.

BACA JUGA:

Hadir sebagai narasumber dalam acara Tempe Culinary Workshop ini adalah Co-founder Indonesia Tempe Movement Amadeus Driando Ahnan. Dalam presentasinya, pria yang akrab disapa Ando ini menjelaskan berbagai kebaikan dan manfaat tempe untuk kesehatan.

Dalam workshop ini, Ando, yang merupakan seorang food scientist, juga mengajarkan pembuatan tempe dengan menggunakan peralatan rumah tangga sederhana, seperti plastik bening dan tusuk gigi.

Selain workshop pembuatan tempe, peserta juga mendapat kesempatan mengikuti tempe cooking demo yang dibawakan oleh Chef Mayasari Effendi. Pemilik restoran Mayasari Indonesian Grill di Greensburg, Indiana ini mengajarkan resep tempe salad dan oseng-oseng tempe kepada para peserta. Dalam sekejap, kedua masakan habis dicicipi peserta.

“Ini merupakan pertama kalinya saya belajar membuat tempe dan saya excited sekali,” ujar Caroline, salah satu peserta. “Please wish my tempe fermented well and has a good taste! (Doakan semoga tempe saya jadi dan rasanya enak ya!),” sambungnya dengan sumringah. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*