Bisakah Anak Ayam Menggantikan Gadget? Ini Rencana Wali Kota Bandung




Mengatasi kecanduan gadget
Ilustrasi: Mengatasi kecanduan gadget. (Ist)

BANDUNG, KalderaNews.com – Untuk mencegah kecanduaan terhadap smartphone di kalangan anak-anak, Wali Kota Bandung Oded M. Danial berencana memberikan satu ekor anak ayam kepada para pelajar setingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah pertama menengah (SMP) di Bandung. Menurutnya, rencana itu sedang dalam tahap pengkajian dinas terkait.

BACA JUGA:

“Kami memiliki program untuk anak-anak sekolah terutama SD dan SMP agar mereka tidak terlalu fokus kepada gadget, yaitu dikasih memelihara anak ayam,” katanya. Oded menambahkan, ayam yang akan diberi kepada para pelajar itu berjenis ayam kampung. Para pelajar diminta untuk mengurusi anak ayam tersebut. Tapi sebelumnya, pelajar akan mendapat pelatihan terlebih dahulu.

Oded menambahkan, anak ayam tak membutuhkan kandang yang luas, serta harganya hanya Rp 7.500 tiap ekor. Selain untuk membatasi interaksi dengan ponsel, memelihara anak ayam juga dapat menumbuhkan jiwa berdagang dan rasa cinta pada hewan.

Namun, Oded memang belum menyebut waktu program tersebut akan diterapkan. Dia berencana akan menguji coba program tersebut pada 20-30 pelajar di 30 kecamatan. Jika berhasil, maka program itu akan diperluas. Oded juga berencana memberi hadiah sepeda bagi pelajar yang berhasil merawat anak ayamnya dengan baik.

Selain itu Oded menilai, gadget memang memiliki sisi positif dan negatif bagi pelajar. Maka, dia juga mengimbau para orangtua terus mendampingi dan mengawasi interaksi anak-anak dengan gadget. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*