Ini Perbedaan Bidikmisi dan KIP Kuliah

Perbedaan KIP Kuliah dan Bidikmisi
Perbedaan KIP Kuliah dan Bidikmisi (KalderaNews/Malena)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bidikmisi akan ganti nama menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Hal ini ditegaskan Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahidin baru-baru ini. Lalu apa saja perbedaannya?

Setelah ganti nama jumlah penerima beasiswa akan mencapai sekitar 800.000 mahasiswa dengan rincian 400 ribu untuk mahasiswa baru dan 400 ribu untuk yang “on going”.

Hanya saja, tidak ada perubahan nominal bantuan pendidikan yang bakal diterima mahasiswa alias masih sama dengan Bidikmisi sebelumnya. Nominalnya sebesar Rp650.000 per bulan dan Rp 2,4 juta per semester yang masuk ke rekening perguruan tingginya.

BACA JUGA:

Untuk tahap awal KIP Kuliah diprioritaskan untuk mahasiswa yang kuliah di bidang science dan vokasi. Menariknya lagi, mereka yang saat sekolah SMA sederajat sudah memiliki KIP maka eligible mendapatkan KIP Kuliah.

Namun belakangan ini, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengusulkan agar biaya hidup pada program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah lebih besar dari yang didapat penerima Bidikmisi

“Kami usulkan naik menjadi Rp.1 juta per bulan. Saat ini kan Bidikmisi hanya Rp700 ribu per bulan. Saat ini saya kira tidak cukup untuk biaya hidup per bulan,” tegasnya.

Untuk anggaran beasiswanya sendiri sebesar Rp4,7 triliun pada tahun ini diharapkan bisa naik dua kali lipat pada tahun depan sekitar R.p8 triliun untuk memfasilitasi KIP Kuliah.

Nasir juga menegaskan perbedaan mencoloknya bahwa penerima KIP menerima fasilitas gratis bayar biaya SPP bulanan, sedangkan program bidikmisi mulai SPP hingga biaya hidup menjadi tanggungan pemerintah. Ia juga mengusulkan dengan KIP Kuliah SPP gratis dari kampus dan ada tambahan uang buku dari pemerintah. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




4 Comments

  1. Selamat malam Bapak,Ibu.
    Saya adalah pejuang gapyear tahun 2019.Saya punya akun bidikmisi namun tidak punya KIP Kuliah.Yang saya baca infonya,di tahun sebelumnya apabila anak bidikmisi ditahun sebelumnya belum lulus ptn dia bisa memperbaharui aku bidikmisinya di tahun berikutnya.Pertanyaan saya Bu,Pak..apakah nanti saya bisa menerima beasiswa melalui pembaharuan bidikmisi tanpa harus menerima KIP Kuliah?

  2. Selamat malam bapak ibu, saya lulus SMK tahun 2016, saya mempunyai KIP dari semasa saya memduduki bangku SMK tetapi saya belum pernah mendapatkan biaya bantuan dari pemerintah, gimana caranya agar saya mendapatkan KIP Kuliah? Dan apakah bisa saya kuliah ditahun 2020 ini dgn umur 21 dengan menggunakan KIP kuliah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*