Kamu Tertarik Menjadi Abdi Negara, Yuk Simak Tips Persiapan Seleksi CPNS 2019!




Ilustrasi: Tips persiapan seleksi CPNS 2019. (Ist.)
Ilustrasi: Tips persiapan seleksi CPNS 2019. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis kabar pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Rekrutmen CPNS 2019 membuka 37.854 formasi di 74 kementerian atau lembaga. Sementara jumlah lowongan di 467 pemerintah daerah (pemda) tahun ini dibuka 159.257 formasi.

Tahun ini ada dua jenis formasi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2019, yakni umum dan khusus. Formasi khusus ini diperuntukkan bagi peserta kategori cumlaude, diaspora, disabilitas dan putra-putri Papua. Formasi lain yang bersifat strategis di pusat juga termasuk dalam kategori formasi khusus.

BACA JUGA:

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi abdi negara, yuk simak tips persiapan seleksi CPNS 2019 berikut ini:

Latihan soal
Calon peserta tes CPNS harus sering melakukan latihan mengerjakan soal sebagai bagian dari menyiapkan diri secara psikologis dan kognitif. Agar peserta bisa menjawab dengan benar, tepat, dan cepat kuncinya ada di latihan. Prinsipnya, hampir sama ketika kamu mempersiapkan diri kala jelang ujian. Semua mesti dipersiapkan jauh hari.

Riset soal tes
Agar mengetahui kisi-kisi atau gambaran tes CPNS, sebaiknya kamu rajin mencari tahu atau riset soal-soal tes CPNS pada tahun-tahun lalu. Saat ini ada banyak buku yang membahas soal-soal tes CPNS. Atau kamu juga bisa riset soal-soal tes CPNS melalui gadget kamu. Walaupun itu hanya sekadar kisi-kisi, tetapi paling tidak kamu telah memiliki gambaran soal-soal tes CPNS sebelum pada hari tes seleksi. Dengan demikian, kami tentu akan lebih percaya diri saat mengerjakan tes seleksi.

Belajar manajemen waktu
Dengan mengetahui gambaran tentang soal-soal tes seleksi CPNS, kamu dapat mengatur waktu saat tes nanti. Manajemen waktu sangat menentukan keberhasilan dalam mengerjakan soal-soal. Salah satu triknya adalah mengerjakan soal yang menurut kamu mudah terlebih dahulu. Jangan terpaku dengan mengerjakan soal secara berurutan atau pada satu soal saja. Jika kamu merasa tidak mampu mengerjakan satu soal, segeralah berpindah ke soal lain, yang bisa kamu selesaikan. Dengan latihan soal terus-menerus, kamu akan semakin terbiasa untuk belajar manajemen waktu mengerjakan soal tes seleksi CPNS.

Jangan mudah panik
Dalam mengerjakan soal tes seleksi CPNS, kamu jangan mudah panik. Jika kamu menghadapi soal yang sulit, atau tak bisa kamu kerjakan, jangan terjebak panik. Segeralah beranjak ke soal berikutnya. Jika kamu hanya berkutat di soal tersebut, waktu akan lekas habis. Maka, hanya ada satu cara untuk mengatasi kepanikan itu, yaitu dengan latihan rutin. Dengan latihan soal saban hari, kamu akan mudah mengatasi kepanikan saat mengerjakan soal-soal tes seleksi CPNS.

Siapkan mental
Sebaiknya kamu mempersiapkan mental jauh hari sebelum mengikuti tes seleksi CPNS. Persiapan ini terutama jika kamu gagal alis tak lolos. Jangan menyerah, karena masih ada ribuan kesempatan di depan kamu. Tanamkan dalam diri kamu bahwa mengabdi kepada negara tak harus jadi PNS.

So, itulah beberapa tips persiapan bagi kamu yang hendak mendaftar seleksi CPNS 2019. Selamat mencoba ya! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*