Mahasiswa Baru, Kamu Mengalami Homesick, Ini Lho Cara Mengatasinya!




Tips mahasiswa baru mengatasi homesick
Ilustrasi: Tips mahasiswa baru mengatasi homesick. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hai, mahasiswa baru! Sebagai mahasiswa yang menjalani perkuliahan di luar kota alias jauh dari keluarga, kamu pasti sering rindu suasana rumah atau homesick. Tapi, lantaran jarak, waktu, dan biaya, kamu harus menunda pulang. Sebenarnya homesick ini wajar dan banyak orang yang mengalami. Nah, berikut cara mengatasi homesick!

BACA JUGA:

  • Carilah aktivitas baru
    Sebaik, sepulang kuliah kamu jangan langsung pulang ke kos-kosan. Cobalah cari aktivitas baru dengan teman-teman setelah selesai jam kuliah. Tentu aktivitas yang positif ya, misal bergabung dengan himpunan jurusan, kepanitiaan, unit kegiatan mahasiswa, atau kegiatan untuk menyalurkan hobi kamu. Selain untuk mengisi waktu luang, kamu juga menambah pengalaman dan teman baru.
  • Merapikan kamar agar lebih nyaman
    Merapikan atau mengubah tata letak kamar juga bisa menjadi aktivitas untuk menghilangkan homesick. Aktivitas ini bisa dilakukan bersama-sama dengan sesama penghuni kos-kosan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuat kamu lebih nyaman ketika berada di kamar. Buatlah kamar senyaman mungkin, agar kamu juga merindukan suasana di kos-kosan.
  • Carilah teman untuk curhat
    Bercerita tentang hal yang kamu rindukan, katanya bisa mengurangi rasa rindu itu. Nah, maka carilah teman untuk curhat tentang apa saja yang kamu rasakan, terutama kekangenan pulang ke rumah. Kamu bisa mencari teman sesama anak rantau, kalau bisa yang paling jauh merantaunya. Dari mereka ini, kamu bisa menggali cerita dan tips mengatasi homesick. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang hal-hal positif tentang merantau, misal tentang kemandirian, keberanian mengambil keputusan, dan yang lain.
  • Jalan-jalan ke tempat baru
    Daripada tiduran di kos-kosan, lebih baik kamu pergi jalan-jalan ke tempat yang baru. Ajaklah teman-teman kamu untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru tersebut. Carilah tempat wisata yang dekat dengan kampus kamu. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang seru.

So, itulah beberapa cara untuk mengatasi homesick. Intinya, jangan sampai homesick yang kamu rasakan mengganggu perkuliahan. Selamat mencoba! (yp)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*