Universitas Maranatha Gelar Indonesia Robot Festival, Ciptakan Robot Peduli Lingkungan




Peserta kompetisi Indonesia Robot Festival di Universitas Kristen Maranatha
Peserta kompetisi Indonesia Robot Festival di Universitas Kristen Maranatha. (Dok.Humas Universitas Kristen Maranatha Bandung)

BANDUNG, KalderaNews.com – Universitas Kristen Maranatha mengadakan kompetisi Indonesia Robot Festival (IRoF) 2019. Kompetisi ini untuk memacu semangat mahasiswa dalam bidang robotik. Ketua Panitia IRoF 2019, Muliady mengatakan, festival robot kali ini berbeda dengan kompetisi robot yang lain, lantaran bertema “Going Green with Robotics”. Tema ini dipilih, kata Muliady, lantaran melihat isu-isu lingkungan, utamanya sampah yang kian waktu makin meningkat.

BACA JUGA:

Kompetisi IRoF 2019 berlangsung di ruang ekshibisi Gedung B Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Acara berlangsung 11-12 Oktober 2019 dan diikuti 90 tim yang akan bertanding di lima kategori, yakni Soccer Robot, Mighty Sumo Robot, Robotics Innovation, Decathlon Robot, dan VEX Robotics Competition.

Ide robot yang diangkat para peserta pun beragam. Ada robot yang otomatis bisa menyiram tanaman, robot yang bisa memilah sampah, dan lainnya.

Rektor Universitas Kristen Maranatha, Armein Langi mengatakan, mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini tidak hanya membangun kecintaan mereka terhadap teknologi, namun juga beradaptasi membangun lingkungan teknologi yang lebih baik bagi kehidupan.

IRoF merupakan acara tahunan Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha sejak 2014. Melalui kompetisi ini, Universitas Kristen Maranatha ingin mempersiapkan generasi yang unggul dalam menyongsong era industri 4.0. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*