Guru Besar IPB Raih John Maddox Prize 2019




Bambang Hero Saharjo (Ist.)
Bambang Hero Saharjo (Ist.)

BOGOR, KalderaNews.com – Bambang Hero Saharjo, Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima Anugerah John Maddox Prize 2019 di London, Inggris. Bambang berhasil mengalahkan 206 calon dari 38 negara.

Bambang menerima anugerah tersebut setelah dicalonkan oleh seorang profesor asal Universitas Lancaster, Inggris. Bambang dinilai telah berhasil melakukan riset dan berjuang mengatasi kebakaran hutan. Atas perjuangan itu, ia dinilai layak mendapatkan apresiasi tinggi dan pengakuan ilmuwan dari berbagai negara.

BACA JUGA:

“Saya hampir tak percaya menerima award tersebut di London. Ini seperti mimpi,” ucapnya. Bambang juga dinilai telah memulihkan hak publik agar masyarakat mendapatkan hak konstitusi atas lingkungan yang lebih baik. Ia menggunakan instrumen penegakan hukum dengan bersandarkan pada bukti-bukti ilmiah.

Lantaran mendapat anugerah tersebut, banyak ilmuwan yang ingin berkolaborasi dengan Bambang. “Ini menjadi dorongan yang luar biasa bagi saya untuk terus berkarya. Jika kita konsisten menggunakan ilmu pengetahuan, maka dukungan akan datang,” katanya.

Acara penganugerahan digelar di Wellcome Collection, Euston, London yang dihadiri sekira seribu ilmuwan. John Maddox Prize telah diberikan selama delapan tahun kepada ilmuwan yang gigih mempertahankan pendapat berdasarkan fakta-fakta ilmiah berdasarkan penelitian.

Pada Oktober 2018, Bambang pernah menjadi salah satu saksi ahli dalam sidang gugatan PT. PJJ kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam kasus pembalakan serta pembakaran hutan dan lahan pada 2013. Vonis pengadilan memenangkan KLHK. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*