Ir. Antono Yuwono: Seperti ini Sekolah Impian bagi Kebanyakan Orangtua




Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono
Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah seperti apa yang didambakan banyak orangtua saat ini? Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono menegaskan sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter lah yang banyak diimpikan orangtua. Statement tersebut disampaikannya pada KalderaNews baru-baru ini di Jakarta.

Ia berpendapat pendidikan karakter sebenarnya ruh dari pendidikan itu sendiri. Di era revolusi industri 4.0 yang mendorong terjadinya disrupsi dalam dunia pendidikan, karakter kembali menempati posisi sentral dalam proses belajar-mengajar di sekolah.

Karakter yang kerap didefinisikan sebagai “melakukan hal yang benar, ketika tidak ada orang yang melihat (Lickona dkk: 2007) menjadi acuan hasil dalam pendidikan anak di sekolah. Untuk apa memiliki prestasi akademik yang brilian, tetapi karakter pribadinya buruk?

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, sudah selayaknya penguatan budi pekerti dan nilai-nilai moral ditanamkan sejak dini melalui dunia pendidikan. Penguatan pendidikan karakter (PPK) adalah fondasi dan ruh utama pendidikan.

“Orangtua ingin melihat apakah anaknya akan tumbuh dengan baik secara karakter. Di situlah letak keunggulan PENABUR Jakarta, karena di situlah kami memiliki program Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kristiani (PKBN2K),” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa di pendidikan dasar, dimana persentase pendidikan karakternya begitu besar dibanding pendidikan akademiknya, orangtua bisa melihat benar-tidaknya bahwa anaknya dididik dengan benar dari sisi karakter.

Ia pun berpandangan bahwa kalau karakter itu sudah terbukti (terbentuk), tentunya yang akademik akan menyusul dengan sendirinya. Tak mengherankan, selain orangtua seneng karena ada pendidikan karakter yang jelas konsepnya, secara akademik BPK PENABUR Jakarta memiliki kualitas maupun hasil track record yang terjamin dengan banyaknya siswa-siswi yang berpretasi.

Alhasil, anak tidak saja cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kepekaan emosional dan sosial karena BPK PENABUR JAKARTA ingin membentuk peserta didik unggul tidak hanya dalam bidang akademik, namun juga non-akademik dalam profil lulusan BEST (Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society and Trust in God).

So, ingin informasi lengkap pendaftaran sekolah-sekolah impian di bawah BPK PENABUR Jakarta yang tersebar di Jabodetabek, KLIK: PSB Sekolah PENABUR 2019-2020. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*