Sudah Seberapa Besar Sih Motivasi Kamu untuk Studi di Belanda?

Semarak Dutch Placement Day (DPD) 2019 di Erasmus Huis Jakarta, Jumat, 1 November 2019
Semarak Dutch Placement Day (DPD) 2019 di Erasmus Huis Jakarta, Jumat, 1 November 2019 (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Selain kemampuan akademik, motivasi yang tepat juga perlu dipertimbangkan dalam melanjutkan studi. Oleh karena itu pada saat acara DPD 2019 ini, Nuffic Neso Indonesia juga mengundang orangtua, guru dan juga para siswa untuk mengikuti seminar dengan tema “Higher Order Thinking Skills”.

Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari berharap setelah mengikuti seminar ini para peserta dapat membantu siswa dalam mengeksplorasi kemampuan diri dan berpikir kritis dalam menentukan tujuan studi setelah lulus dari SMA.

Tidak hanya sampai pada mengetahui motivasi diri untuk mewujudkan impian studi di luar negeri, imbuhnya di Dutch Placement Day (DPD) 2019 di Erasmus Huis Jakarta, Jumat, 1 November 2019, motivasi yang tepat juga harus dapat dituangkan dalam tulisan yang menarik bagi universitas tujuan yang membacanya.

BACA JUGA:

Motivation statement adalah salah satu persyaratan yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang meyakinkan pihak universitas bahwa ia adalah kandidat yang bernilai. Terlebih lagi, program beasiswa juga mensyaratkan adanya penulisan essay yang mencerminkan kemampuan dan motivasi kandidatnya.

“Tulisan tersebut diwajibkan dalam Bahasa Inggris jika ditujukan untuk universitas Belanda, dan bahkan menjadi faktor penentu yang kuat untuk melamar program beasiswa seperti StuNed, Orange Knowledge Programme (OKP), Orange Tulip Scholarship (OTS), LPDP, Erasmus+ dan lainnya,” tandasnya.

Menariknya, alumni Belanda pun ikut ambil bagian dalam acara DPD 2019 dengan memberikan seminar mengenai kiat untuk menuliskan surat motivasi (how to write motivation statement) serta bekerja sama dengan Kaplan Edupac menyelenggarakan IELTS Simulation Test.

Kesempatan ini ditawarkan untuk membantu para pelajar dalam memprediksi tingkat kemampuan Bahasa Inggris mereka mengingat salah satu syarat pendaftaran ke universitas Belanda adalah menunjukan hasil ujian IELTS atau TOEFL iBT.

Nilai IELTS minimal yang diminta universitas Belanda adalah 6, namun sangat banyak universitas yang meminta nilai IELTS minimal 6.5 untuk program bachelor dan master. (FH)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*