Tips Tetap Sehat di Musim Hujan buat Anak Sekolah dan Mahasiswa




Musim hujan tiba
Musim hujan tiba (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Musim hujan sudah tiba. Cuaca sejuk dan dingin mulai terasa karena hujan yang mulai dan bakal terus mengguyur dari pagi hingga malam. Kegiatan proses belajar mengajar pun bakal sedikit berbeda.

Pergantian musim kemarau ke musim penghujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini perlu diwaspadai. Tubuh yang dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya bisa berpengaruh pada kesehatan anak-anak sekolah dan mahasiswa.

BACA JUGA:

Nah, agar tetap sehat dan bugar saat musim hujan seperti saat ini, ada baiknya anak-anak sekolah, mahasiswa dan para orangtua memperhatikan tips sehat saat musim hujan berikut ini:

1. Selalu membawa payung atau jas hujan
Tips yang pertama ini hukumnya wajib. Di musim hujan payung atau jas hujan wajib ada di tas anak-anak dan mahasiswa. Saat musim hujan, pengaman untuk kesehatan yang pertama adalah dua benda ini. Sebagai orangtua, tentu penting untuk memastikan putra-putrinya membawa barang ini. Namanya sedang musimnya, hujan bisa datang kapan saja. Satu hal yang kerap diabaikan yakni sandal atau sepatu karet buat si buah hati.

2. Konsumsi makanan sehat
Saat musim hujan suhu udara menjadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Oleh sebab itu, asupan nutrisi dan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan sangat diperlukan untuk menguatkan imun tubuh. Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan berserat tinggi juga dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti alpukat, apel, pisang, pir, wortel, brokoli, bayam dan makanan berserat tinggi lainnya.

3. Banyak konsumsi air putih
Banyak minum air putih sangat bagus untuk membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Membekali si buah hati air putih juga baik untuk menjaga kesehatannya. Selanjutnya, minum minuman penghangat tubuh penting untuk menjaga kesehatan, apalagi setelah kehujanan.

4. Mandi setelah kehujanan
Langsung mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Dinginnya air hujan yang mengguyur tubuh bisa mendatangkan flu dan sakit kepala. Air hujan biasanya lebih dingin dibanding air yang ada di kamar mandi. Selain itu, mencuci tangan setelah kehujanan sangat penting karena tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri.

5. Jangan sembarangan jajan
Untuk menjaga kesehatan pelajar dan mahasiswa wajib menghindari jajan dan makan makanan di pinggir jalan, terutama saat musim hujan yang dari sisi kebersihan dan kesehatannya tak terjamin. Oleh sebab itu, membawa bekal dan makan makanan yang dimasak di rumah dalam keadaan masih panas sangat dianjurkan selama musim hujan untuk mencegah batuk, pilek atau penyakit lainnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*