Dian Afriyanie, Mahasiswi Pertama dari Indonesia Raih Beasiswa IPCC

Para penerima beasiswa The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Scholarship Award. (Ist.)
Para penerima beasiswa The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Scholarship Award. (Ist.)

BANDUNG, KalderaNews.com – Dian Afriyanie, mahasiswi Program Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi wakil Indonesia sebagai penerima beasiswa The Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) Scholarship Award. Beasiswa ini merupakan program dua tahunan dari IPCC. Program beasiswa ini untuk mahasiswa S3 dan/atau peneliti yang sedang melakukan studi post-doctoral dari negara berkembang. Beasiswa ini memiliki fokus penelitian untuk memajukan pemahaman dasar ilmiah tentang risiko perubahan iklim, dampaknya, serta opsi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

BACA JUGA:

Dian meraih beasiswa untuk mendanai studi program doktor dan penelitian disertasinya dengan topik “Perencanaan Ruang Hijau Perkotaan untuk Resiliensi Banjir melalui Pendekatan Socio-ecological Resilience” selama satu tahun. Penelitian dibimbing Prof. Roos Akbar selaku promotor utama serta Djoko S.A. Suroso, Ph.D. dan DR. Iwan Kustiwanselaku co-promotor.

Dian menjadi satu-satunya mahasiswi penerima beasiswa ini dari Indonesia dan Asia Tenggara. Selain Dian, ada 11 mahasiswa lain yang berasal dari Meksiko, Sri Lanka, Benin, Uganda, Kenya, Senegal, Argentina, Tiongkok, dan Brasil.

“Tentu kaget dan tak menyangka. Program beasiswa ini dua tahun sekali, dan ini yang kelima. Berarti sudah sepuluh tahun dan belum ada yang berasal dari Indonesia, tentu ini membuat saya senang dan kaget,” ujar Dian. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*