Mendikbud Nadiem: PAUD Bukan Penitipan Anak

Mendikbud Nadiem Makarim . (Ist.)
Mendikbud Nadiem Makarim (IKalderaNews/st.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menekankan pentingnya pembentukan karakter anak dari usia dini melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menteri Nadiem ingin agar PAUD berperan dalam membentuk karakter anak-anak Indonesia sejak dini. “Pendidikan usia dini itu penting. Di PAUD, anak-anak harus mendapatkan kebebasan berekspresi serta berinteraksi dengan anak lain. Dan PAUD bukanlah sekadar tempat penitipan anak,” tegasnya.

BACA JUGA:

“Yang terpenting adalah kesenangan dan bahagia. Anak-anak bisa berpartisipasi dalam tiap aktivitas, bermain sesama murid, dan mengetahui bagaimana harus bersikap dengan anak-anak lain-lain, juga dengan orang dewasa,” lanjut Nadiem.

Nadiem khawatir, jika anak sedari dini tak tahu cara berinteraksi dengan orang lain, dia akan kesulitan saat menuju jenjang pendidikan berikutnya. Maka, Nadiem menekankan agar anak-anak mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan. “Jika anak-anak belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, ia akan menemukan kesulitan belajar. Maka, karakter itu yang harus ditanamkan di PAUD, agar anak-anak lebih mudah belajar.” (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*