Syarat Penting bagi Siswa dan Sekolah yang Ingin Daftar SNMPTN 2020

Ujian Masuk PTN
Ujian masuk PTN (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 resmi dibuka dengan membuat akun terlebih dahulu di laman LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Penting dipahami para calon peserta SNMPTN (registrasi 2 Desember 2019-7 Januari 2020), UTBK dan SBMPTN (7 Februari – 5 April 2020) bahwa saat ini ada kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

BACA JUGA:

Selain itu, ada pula syarat yang harus dipenuhi baik oleh calon (pelajar) maupun pihak sekolah. Berikut ini syarat lengkapnya:

Syarat Sekolah
1. Memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah NAsional)
2. Ketentuan pemeringkatan siswa SMA/MA/SMK menggunakan basis akreditasi dengan ketentuan (Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolahnya, Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolahnya dan Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolahnya)
3. Mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS)

Syarat Siswa
1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di PDSS Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS Peserta yang memilih program studi bidan seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
3. Pemilihan Program Studi Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN Disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*