Beasiswa Pelatihan Guru ke Amerika Fulbright DAI Tutup 1 Maret 2020




Para guru asal penerima beasiswa pelatihan guru ke Amerika Fulbright DAI
Para guru asal penerima beasiswa pelatihan guru ke Amerika Fulbright DAI (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi para guru sekolah dasar (SD) maupun guru sekolah menengah (SMP/ SMA) yang ingin meningkatkan kompetensi guru sekaligus memperluas wawasan pengajaran internasional, ada baiknya mengikuti program beasiswa pelatihan ke Amerika Serikat ini.

Program Fulbright Distinguished Awards In Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI) menawarkan beasiswa pelatihan guru selama 5 bulan di Amerika Serikat.

Para guru terpilih akan memiliki kesempatan mengikuti pelatihan di berbagai lembaga pendidikan di Amerika Serikat sekaligus mendapatkan kesempatan praktik mengajar, observasi kelas hingga membuat proyek pembelajaran beberapa sekolah di sana.

BACA JUGA:

Beasiswa khusus untuk para guru ini mencakup sluruh biaya program pelatihan, tiket pergi pulang Indonesia dan Amerika, termasuk tiket domestik selama pelatihan di sana, biaya pembuatan visa, biaya pelatihan dan persiapan sebelum keberangkatan, tunjangan biaya akomodasi, transportasi dan konsumsi, biaya tunjangan hidup selama program, asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Syarat guru yang bisa mendaftar beasiswa ini:

  • Berstatus sebagai guru penuh waktu untuk tingkat SD, SMP atau SMA di sekolah-sekolah dengan mayoritas siswa WNI, bukan WNA
  • Telah berpengalaman 5 tahun atau lebih untuk bidang studi apapun
  • Warga Negara Indonesia dan bergelar sarjana (S1) atau sederajat
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris: skor TOEFL ITP minimal 500 atau iBT minimal 60/61
  • Tetap berkomitmen untuk tetap mengajar setelah mengikuti program.
  • Tidak hanya khusus guru pengajar, program ini terbuka untuk: guru bimbingan karier, staf perpustakaan, koordinator mata pelajaran, penyusun kurikulum, bahkan petugas administrasi yang menghabiskan setidaknya 50 persen bersama siswa.
  • Dokumen yang perlu disiapkan: minimal satu halaman “Statement Purpose”, CV dan menandatangani surat pernyataan, surat rekomendasi dan surat ijin dari pimpinan sekolah, fotokopi KTP, paspor dan hasil tes TOEFL.

Dengan deadline pendafattaran 1 Maret 2020, pelamar bisa mendaftar secara online atau mengirimkan kelengkapan dokumen via pos dengan terlebih dahulu mengunduh formulir pendaftaran. Informasi lengkap beasiswa ini, KLIK: Beasiswa Pelatihan Guru ke Amerika Fulbright DAI 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*