Debur dan Sepoi di Gubuk-gubuk Mungil Pantai Jatimalang Purworejo




Keelokan Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo
Keelokan Patung Dewa Ruci di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

PURWOREJO, KalderaNews.com – Perjalanan menuju Pantai Jatimalang di Purworejo, Jawa Tengah cukup memikat. Jalanan beraspal yang mulus dengan pemandangan hijau hamparan sawahnya cukup memikat. Lokasinya yang dapat diakses dengan mudah menjadi pembeda pantai ini dengan jalanan menuju pantai pada umumnya.

Perjalanan menuju pantai yang biasanya ada jalanan menanjak dan berliku-liku tidak ditemui saat kita menuju pantak Jatimalang yang kini tengah naik daun karena keindahan dan perbaikan-perbaikannya yang terus dilakukan.

BACA JUGA:

Pantai ini disebut dengan Pantai Jatimalang merujuk pada nama desa didekatnya yang bernama Jatimalang. Secara lebih rinci, Pantai Jatimalang ini terletak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pohon Cemara Udang di Pantai Jatimalang Purworejo
Pohon Cemara Udang di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

Karena terletak di selatan Pulau Jawa, jelas karakteristik yang mudah terlihat dari Pantai Jatimalang ini adalah ombaknya yang besar. Pantai Jatimalang mempunyai ombak yang cukup besar, terlebih saat air laut sedang pasang.

Begitu mendekati Pantai Jatimalang pengunjung akan disuguhi jajaran Pohon Cemara Udang yang melambai-lambai di kanan dan kiri menawarkan kesejukan angin. Pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia var. Incana) bukanlah sekadar tanaman perindang.

Selain sebagai peneduh, pohon tenryata bisa menjadi penahan hembusan angin (wind-barrier) dan penurun kadar salinitas yang efektif. Hal ini penting untuk pertanian.

Papan peringatan waspada tsunami di Pantai Jatimalang Purworejo
Papan peringatan waspada tsunami di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

Di tengah jajaran Cemara Udang ini pandangan mata pengunjung akan langsung disugihu Patung Dewa Ruci yang berdiri kokoh lurus di pandangan mata. Wisatawan domestik dan mancanegara yang tiba di tempat ini pasti akan sejenak berhenti di tempat ini untuk mengabadikan dengan kamera maupun ponselnya. Tak hanya itu saja, mereka akan foto bersama, wefie, selfie atau ngevlog di tempat ini.

Di tempat ini pengunjung akan mulai merasakan suasana pantai. Angin sepoi dan suara ombak Pantai Jatimalang mulai mengusik tubuh dan telinga. Debur ombaknya terdengar jelas. Seperti halnya pantai-pantai yang terletak di Pulau Jawa, karakteristiknya jelas, yakni ombak yang besar.

Gubuk-gubuk bambu kecil di Pantai Jatimalang Purworejo
Gubuk-gubuk bambu kecil di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

Pantai Jatimalang mempunyai ombak yang cukup besar, terlebih saat air laut sedang pasang. Nah, setelah puas foto-foto dan ngevlog di tempat dekat Patung Dewa Ruci, pengunjung bisa langsung menuju pantai.

Hamparan lautnya yang luas cukup unik karena berpadu dengan pasir pantai yang berwarna gelap, bahkan cenderung berwarna hitam, berpadu apik dengan air laut yang jernih dan buih ombak yang putih. Secara umum gradasi warna biru dan hijau toska menjadi penampakan yang memikat.

Pengunjung di Pantai Dewa Ruci di Purworejo
Pengunjung di Pantai Jatimalang di Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

Meski spot snorkelingnya tak seelok pantai-pantai lainnya, namun spot yang ada di Pantai Jatimalang ini tak boleh dilewatkan. Pengunjung bisa menikati berbagai batu karang dan biota lautnya yang beragam. Peralatan snorkeling bisa disewa di tempat-tempat penyewaan.

Kalau sedang beruntung, kita juga akan menyaksikan para peselancar dari dalam maupun luar negeri yang ingin menaklukkan ombak Pantai Jatimalang. Menariknya, pemandangan saat matahari terbenam (sunset) cukup memesona.

Gubuk-gubuk bambu kecil di Pantai Jatimalang Purworejo, Jawa Tengah
Gubuk-gubuk bambu kecil di Pantai Jatimalang Purworejo, Jawa Tengah (KalderaNews/JS de Britto)

Bagi yang berkunjung di pantai ini, tapi ingin menikmati renang dengan air tawar bisa berenang di kolam renang air tawar yang dibuat oleh pengelola di pinggiran pantai.

Gubuk-gubuk bambu kecil yang dipajang di bibir pantai menambah keelokan dan kenyamanan para pengunjung. Sementara yang lain mandi air lain, yang lainnya bisa menikmmati sepi di gubuk-gubuk bambu kecil sembari menikmati kelapa muda dan memandangi para pemancing ikan laut yang berjajar di bibir pantai.

Pemancing di Pantai Jatimalang Purworejo
Pemancing di Pantai Jatimalang Purworejo (KalderaNews/JS de Britto)

Selanjutnya jika ingin menikmati kekhasan kulinernya, pengunjung bisa makan di warung makan dan restoran pantai. Di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) pengunjung juga bisa menikmati menu-menu seafooodnya.

So, bagi yang punya waktu luang, tak ada salahnya mengunjungi Pantai Jatimalang di Purworejo ini. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*