Jika Ponsel Kamu Terendam Air, Segera Lakukan 5 Tips Ini!

Ilustrasi: Cara mengatasi HP terendam air. (Ist.)
Ilustrasi: Cara mengatasi HP terendam air. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kata orang, Januari berarti “hujan sehari-hari” alias tiada hari tanpa hujan. Hari-hari ini, curah hujan memang terus meningkat. Bahkan beberapa wilayah di Jakarta dan sekitar dilanda banjir. Situasi ini membuat kamu yang gemar bermain ponsel di ruang terbuka menjadi khawatir. Jangan sampai ponsel kamu jatuh dan terendam air.

Belakangan ini sejumlah pabrikan ponsel telah merilis produk yang tahan air, namun itu masih dalam jumlah yang terbatas. Mayoritas ponsel yang beredar belum memiliki fitur tersebut.

BACA JUGA:

Nah, jika ponsel kamu mendadak terendam air, simak tips berikut:

Segera ambil ponsel
Meskipun tertutup rapat, air tetap bisa masuk ke dalam ponsel kamu. Maka, jika ponsel kamu jatuh dan terendam air, cepat ambil, dan segera matikan agar tidak terjadi korsleting. Lantas, segera keringkan seluruh perangkatnya.

Hindari penggunaan perangkat yang basah
Saat ponsel masih basah, jangan tekan tombol apapun yang dapat memungkinkan air masuk. Hindari pula pengisian daya yang dapat menimbulkan panas.

Lepas baterai, SIM dan memory card
Segera buka penutup ponsel dan lepaskan baterai, SIM, dan memory card. Ini untuk mencegah korosi pada bagian-bagian tertentu di dalam ponsel. Keringkan semua bagian dengan menggunakan alat pengering atau kain yang lembut atau tisu.

Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)
Untuk mempercepat proses pengeringan, kamu bisa menggunakan penyedot debu, terutama di bagian-bagian yang tidak terjangkau kain atau tisu. Tapi tetap harus hati-hati dalam menggunakan penyedot debu. Upayakan agar tidak memberi guncangan yang justru membuat air semakin mengalir ke dalam. Pastikan bahwa kamu menggunakan alat penyedot, bukan peniup, serta tidak menimbulkan panas pada ponsel kamu.

Gunakan bahan penyerap air
Langkah berikutnya, kamu gunakan bahan penyerap air seperti beras. Letakkan ponsel di dalam tumpukan beras dan biarkan beberapa jam. Selain beras, bisa juga menggunakan pengering, seperti silica gel atau penyerap kelembaban yang lain. Caranya, masukkan ponsel bersama silica gel ke dalam satu wadah yang tertutup rapat. Taruhlah ponsel dengan posisi yang memungkinkan air dapat keluar melalui celah-celah.

So, itulah beberapa tips jika tiba-tiba ponsel kamu terendam air. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*