Keren Nih, Tim ITB Jawara Debat Internasional di Thailand




Vincentius Michael dan Mohammad Ilham Akbar. (Dok.Humas ITB)
Vincentius Michael dan Mohammad Ilham Akbar. (Dok.Humas ITB)

BANDUNG, KalderaNews.com – Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menyabet juara pertama dan meraih gelar Best Speaker kategori EFL dalam World University Debating Championship (WUDC) 2020 yang diadakan di Thailand. Ini merupakan kompetisi debat parlementer berbahasa Inggris yang diikuti lebih dari seribu mahasiswa dari seluruh dunia.

BACA JUGA:

Tim ITB yang diperkuat Vincentius Michael (Prodi Matematika) dan Mohammad Ilham Akbar (Prodi Arsitektur) menjadi juara dan meraih predikat best speaker untuk kelompok negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari atau English as a foreign language (EFL).

“Kami merupakan debater aktif di tingkat nasional, sehingga kami ingin mendapatkan pencapaian yang tidak pernah didapatkan sebelumnya oleh mahasiswa Indonesia,” ujar Vincentius. “Selain menjadi juara, saya berhasil mendapatkan titel EFL Best Speaker yang belum didapatkan oleh orang Indonesia sebelumnya,” imbuhnya.

Kompetisi ini terbagi menjadi dua tahap, yakni preliminary yang diikuti semua tim terdiri atas 9 babak dan eliminary yang diikuti oleh tim yang break. Tim ITB berhasil mencapai break dan masuk ke babak EFL semifinal. “Sebelumnya, saya sudah pernah dinobatkan Kemenristekdikti menjadi Best Speaker se-Indonesia pada 2018. Ketika saya mendapatkan titel Best Speaker di WUDC kali ini, saya sangat senang dan bangga. Hal ini menunjukkan anak bangsa tidak kalah dalam hal kemampuan dengan negara lain,” ujar Vincentius. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*