Mendikbud Nadiem: Cinta Membaca Bermula dari Rumah

Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kecintaan membaca harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari rumah. Orangtua memegang peran penting untuk menanamkan kecintaan membaca dalam diri anak-anak. Demikian ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. “Cinta membaca itu bukan dari guru, tapi dari orangtua,” ucap Nadiem.

BACA JUGA:

Nadiem mengaku, kecintaannya terhadap membaca adalah buah dari upaya ibunya yang selalu membacakan buku cerita sebelum tidur. Sejak kanak-kanak, ibunya selalu membacakan buku cerita. “Saat itu, saya belum bisa membaca. Tapi dengan melihat gambar yang menarik di dalam buku, secara psikologis itu menanamkan curiosity,” ujar Nadiem.

Buku-buku yang diperkenalkan kepada anak-anak sebaiknya sesuai dengan minatnya, dan buku-buku yang menarik. “Orangtua mesti menanyakan kepada anak-anak, kamu ingin membaca apa? misalnya mau baca komik, cerita detektif, anime, cerita romance, atau yang lain.”

Orangtua juga tak boleh memaksakan anak-anak membaca buku-buku tertentu yang belum atau tak sesuai dengan minatnya. “Yang paling penting, membuat anak-anak jatuh cinta kepada aktivitas membaca,” tegas Nadiem.

Nah, berikut tips untuk mengenalkan buku dan aktivitas membaca kepada anak-anak:

Membacakan buku cerita
Buku cerita yang diwarnai dengan beragam gambar biasanya disukai anak-anak. Buku-buku jenis ini bisa menjadi langkah awal untuk mengenal buku dan kegiatan membaca kepada anak-anak. Jika anak menyukai aktivitas menggambar atau mewarnai, berilah buku-buku mewarnai yang mengandung cerita.

Melemparkan pertanyaan
Di sela aktivitas membaca, orangtua bisa sekali-sekali melemparkan pertanyaan kepada anak. Ini untuk melatih daya tangkap si anak terhadap cerita yang dibacakan.

Jadi teladan
Agar anak suka membaca, orangtua juga mesti gemar membaca. Anak akan melihat lantas meniru aktivitas membaca yang sering dilakukan orangtuanya. Maka, jadilah orangtua yang gemar membaca. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*