Penggunaan Kata Milenial Terbanyak Ternyata Bukan di Jakarta




Generasi Milenial
Tanpa jaringan internet hidup mereka bakal terasa hampa (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud menemukan penggunaan kata milenial menjadi kata paling populer sepanjang tahun 2019.

Melalui pendekatan kuantitatif, kata milenial menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun ini dalam KBBI daring, yaitu sebanyak 19.834 pencarian.

Selain kata milenial, terdapat 14 kata terfavorit lainnya dengan jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, survei, daring, zaman, praktik, hoaks, detail, dan sistem.

BACA JUGA:

Kata milenial menjadi populer karena mencerminkan munculnya generasi baru dalam bidang teknologi informasi dalam kurun waktu tahun 1980-an dan tahun 2000-an. Hal itu memunculkan babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet, dan ponsel (HP) dengan pengembangan varian aplikasinya.

Kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengidentifikasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik ini terlihat pada penggunaan ungkapan anak milenial, generasi milenial, gaya milenial, dan bahasa milenial. Pengguna kata milenial pun tidak terbatas dari kalangan tertentu, tapi mencakup jurnalis, remaja, pejabat, tokoh masyarakat, selebritas, dan masyarakat umum.

Pada sisi distribusi kata, milenial memiliki keluasan penggunaan di berbagai bidang kehidupan. Penggunaan paling terbanyak yaitu pada dunia jurnalistik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai berita dalam media nasional sepanjang tahun 2019.

Sedangkan untuk bidang akademik, terdapat karya ilmiah yang menggunakan kata milenial, seperti skripsi, atau artikel jurnal ilmiah dari berbagai universitas.

Pada dunia pemerintahan, kata milenial kerap digunakan pada laman pemerintahan dengan domain go.id di sepanjang tahun 2019, yaitu Kemenkominfo, Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Sektor swasta pun turut menggunakan kata milenial yang mencakup bidang properti, keuangan, perbankan, kesehatan, asuransi, dan perdagangan barang konsumsi. Pada bidang pengetahuan, kata milenial sangat populer digunakan, seperti pada bidang kedokteran, matematika, teknologi informasi, sosial politik, dan desain, baik dalam publikasi ilmiah maupun artikel blog atau berita.

Dilihat dari wilayah, secara umum, kata milenial digunakan di seluruh wilayah provinsi di Indonesia dengan pengguna terbanyak di wilayah Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Malang, dan Padang. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*