Yuk Melihat Keramik yang Ciamik Keluar dari Perut Naga!




Pekerja di Tungku Naga, tempat pembuatan keramik di Singkawang. (kalderanews.com/y.prayogo)
Pekerja di Tungku Naga, tempat pembuatan keramik di Singkawang. (kalderanews.com/y.prayogo)

SINGKAWANG, KalderaNews.com – Keramik dari Singkawang, Kalimantan Barat sudah terkenal sejak dulu. Singkawang memang dikenal sebagai kota penghasil keramik sejak 1895. Sentuhan budaya Cina amat terasa pada keramik asal tempat yang berjuluk Kota Seribu Klenteng ini.

BACA JUGA:

Pembuatan keramik di Singkawang masih menggunakan sentuhan seni manual. (kalderanews.com/y.prayogo)

Tak jauh dari pusat kota Singkawang, terdapat tempat pembuatan keramik yang masih tradisional, seperti kala kerajinan dari keramik ini dibuat pertama kali. Tempat pembuatan kerajinan keramik ini terkenal dengan mana Tungku Naga.

Sentuhan karya seni dalam keramik Singkawang. (kalderanews.com/y.prayogo)

Ya, memang terdapat sebuah tungku, tempat membakar keramik-keramik yang memanjang dan mengeluarkan asap pekat. Tungku ini bak naga yang sedang berbaring mengeluarkan asap panas dan dari perutnya siap keluar karya-karya keramik yang ciamik, seperti mangkok, piring, gelas, dan guci.

Tempat pembakaran di dalam tungku. (kalderanews.com/y.prayogo)

Proses pembuatan keramik di sini masih tradisional. Semua masih menggunakan tenaga manusia. Mulai dari membuat pola, membentuk, menjemur, mewarnai, hingga membakar, masih dikerjakan dengan tangan manusia.

Harga karya keramik di tempat ini juga beragam. Mulai dari 10 ribu rupiah untuk mangkok atau piring berukuran kecil, hingga guci-guci yang harga mencapai puluhan jutaan rupiah. Tak hanya untuk konsumen dalam negeri, benda-benda berbahan keramik ini pun dikirim hingga mancanegara.

Tempat pengeringan sebelum dimasukkan ke dalam Tungku Naga. (kalderanews.com/y.prayogo)

Menurut para ahli peneliti keramik, tradisi pembuatan keramik tradisional dari Singkawang ini adalah satu-satunya tradisi yang masih tersisa di Asia. Keramik Singkawang amat diminati lantaran memiliki ciri khas tersendiri. Keramik ini bisa dibilang unik dan langka dengan motif khas seperti kepala naga, gulungan surat, burung hong, dan kepala dewa.

Jika kamu ke Singkawang, jangan lupa melihat tradisi pembuatan keramik yang ciamik ini! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*