Banjir Jakarta Jadi Topik Hot Pakar Jakarta-Rotterdam di DUTEP 2020




DUTEP Participants and Alumni. In the middle: Mr. Shy Shavit (Rotterdam University of Applied Sciences/RUAS), Mr. Johan Verlinde (Programme Manager Rotterdam Climate Adaptation Plan, City of Rotterdam), Ms. Charlotte Schmidt (RUAS), Balaikota Jakarta, Tuesday, 4 February 2020
DUTEP Participants and Alumni. In the middle: Mr. Shy Shavit (Rotterdam University of Applied Sciences/RUAS), Mr. Johan Verlinde (Programme Manager Rotterdam Climate Adaptation Plan, City of Rotterdam), Ms. Charlotte Schmidt (RUAS), Balaikota Jakarta, Tuesday, February 4, 2020 (KalderaNews/Neso Indonesia)

JAKARTA, KalderaNews.comDutch Training and Exposure Programme (DUTEP) Fase II Batch IV resmi dibuka oleh Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari dan Direktur Manajemen Umum dan Perkotaan untuk Kota Rotterdam, Gerben Wigmans di Balaikota Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

DUTEP didukung oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan mitra dari pendidikan, bisnis dan pemerintah. DUTEP dilaksanakan oleh konsorsium yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jakarta dan City of Rotterdam, Waterboard Delfland, Van Oord, Port of Rotterdam, Rotterdam University of Applied Sciences dan Nuffic.

BACA JUGA:

Program ini menjadi cara baru meningkatkan kerja sama bilateral, dimana pendidikan tinggi, sektor korporasi dan pemerintah bekerja sama secara erat untuk mencari solusi.

Sejak tahun 2014 Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta dan Rotterdam memang memiliki kerja sama lama yang berfokus pada sustainable urban water management. Dalam kolaborasi ini lebih dari 50 profesional muda dari Pemerintah Provinsi Jakarta telah menghabiskan 10 minggu magang dan pelatihan untuk mendapatkan praktik terbaik di Rotterdam, Belanda.

Direktur Manajemen Umum dan Perkotaan untuk Kota Rotterdam, Gerben Wigmans di Balai Kota Jakarta Selasa, 4 Februari 2020.
Direktur Manajemen Umum dan Perkotaan untuk Kota Rotterdam, Gerben Wigmans di Balai Kota Jakarta Selasa, 4 Februari 2020 (KalderaNews/Neso Indonesia)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk Pemerintah Provinsi Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono mengakui pentingnya kerja sama antara kedua pemerintah dan area yang telah menjadi fokus utama dalam DUTEP: river naturalisation, stormwater and waste water management, integrated blue, grey and green infrastructure, coastal protection and climate adaptation in delta dan water bodies.

Vera Revina Sari menambahkan masalah banjir baru-baru ini yang terjadi pada awal tahun ini harus menjadi motivasi pendorong bagi peserta DUTEP dalam menemukan solusi terobosan.

Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari di Balai Kota Jakarta Selasa, 4 Februari 2020
Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari di Balai Kota Jakarta Selasa, 4 Februari 2020 (KalderaNews/Neso Indonesia)

Dalam angkatan tahun ini Gerben Wigmans juga mengumumkan partnership baru dengan Port of Rotterdam.

Success is binding dan program kami memotivasi perusahaan untuk bergabung. Saya sangat senang menyambut tahun ini, Port of Rottedam sebagai mitra baru. Partisipasi dari Port of Rotterdam dalam program ini sangat bermanfaat bagi Rotterdam dan Jakarta. Semoga lebih banyak perusahaan akan mengikuti,” tandasnya. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*