Dibuka Lowongan Guru Bahasa Indonesia di 23 Negara di Dunia, Daftar di Sini!

Ppengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)
Pengajar bahasa Indonesia di Australia (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jika ada yang berminat menjadi guru (pengajar) bahasa Indonesia di luar negeri, kini terbuka lebar kesempatan untuk mewujudkannya. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran bagi pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

BIPA merupakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing baik dalam berbicara, menulis, membaca, maupun mendengarkan. Pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing penting dalam meningkatkan kiprah eksistensi bahasa Indonesia di dunia internasional. Hingga saat ini terdapat 420 lembaga pengajar BIPA yang tersebar di 29 negara, di mana Australia merupakan negara dengan lembaga pengajaran BIPA terbanyak.

Lowongan untuk masa tugas 2021 ini dibuka hingga 1o Maret 2020 dengan berbagai persyaratan umum seperti berkewarganegaraan Indonesia, berusia 24-50 tahun pada 1 April 2020, berpendidikan sekurang-kurangnya S1, memiliki keterampilan dalam kesenian tradisional dan/atau kontemporer Indonesia hingga tidak sedang menempuh pendidikan, menerima beasiswa, dan atau menjalani kewajiban pasca tugas belajar atau kewajiban sebagai calon pegawai pada tahun 2021 dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:

Persyaratan yang pasti pelamar harus mahir berbahasa asing tertentu sesuai dengan kebutuhan di negara sasaran, seperti kalau ingin di Finlandi diutamakan berpendidikan S-2 jurusan bahasa dan sastra, mahir berbahasa Inggris tulis dan lisan (skor TOEFL minimal 500 atau TUTS 6) dan mampu berbahasa Finlandia. Kalau di Jerman, pendidikan minimal S-2 jurusan bahasa dan sastra, mampu berbahasa Jerman tulis dan lisan minimal level A-2 dan diutamakan mahir berbahasa Inggris tulis dan lisan.

Jika ingin di Austria berpendidikan minimal S2 jurusan bahasa dan sastra, mampu berbahasa Jerman tulis dan lisan minimal level A-2 dan diutamakan mahir berbahasa Inggris tulis dan lisan, jika ingin di Bulgaria berpendidikan minimal S-2 diutamakan jurusan bahasa dan sastra dan ditamakan mampu berbahasa Bulgaria atau Inggris.

Ada pula jika ingin Italia berpendidikan berpendidikan minimal S-2 jurusan bahasa dan sastra dan diutaakan mampu berbahasa Italia atau Inggris dan jika ingin ke Prancis berpendidikan minimal S-2 jurusan bahasa dan sastra dan mahir berbahasa Prancis tulis dan lisan minimal level B-2 serta negara-negara lainnya.

Untuk 2021 terdapat 23 negara pilihan dengan persyaratan khusus masing-masing negara. Negara-negara tersebut antara lain Inggris, Rusia, Jerman, Amerika Serikat, Mesir, Uni Emirat Arab, Filipina, Thailand dan sebagainya. Pelamar memiliki kesempatan memilih tiga pilihan negara sasaran dengan mempertimbangkan persyaratan khusus dari negara sasaran.

Proses seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 11-15 Maret 2020 dan yang lolos seleksi administrasi akan diinfokan melalui pos-el pelamar pada 26-31 Maret 2020 untuk kemudian diundang dalam tahap seleksi potensi yang diselenggarakan pada April 2020 bertempat di Bogor, Jawa Barat, dan Denpasar, Bali.

Tahapan seleksi potensi meliputi tes psikologi, penilaian praktik mengajar, wawancara dan penampilan keterampilan seni dan kemahiran berbahasa asing. Peserta lolos tahapan seleksi diumumkan melalui pos-el peserta untuk mengikuti pembakalan calon tenaga pengajar BIPA.

Pendaftar BIPA untuk masa tugas 2021 dapat mengisi formulir di tautan KLIK: LAMAR GURU BIPA dan Berkas pendaftaran dimuat dalam satu folder ZIP dan dikirim ke pos-el pendaftaran, yaitu bipa@kemdikbud.go.id dan ditembuskan ke seleksibipa2021@gmail.com. Informasi lengkap terkait lowongan ini KLIK: Lowongan Pengajar BIPA 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*