Kuy Begadang! Inilah Tips Paling Jitu Beli Tiket Kereta Api Lebaran 2020




Kereta Api
Ilustrasi: Kereta Api

JAKARTA, KalderaNews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum keberangkatan di Web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Tiket Kereta Api Lebaran 2020
Informasi Pemesanan dan Penjualan Tiket Kereta Api Lebaran 2020 (KalderaNews/Ist)

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menegaskan tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya.

BACA JUGA:

Tabel Jadwal Pemesanan Tiket KA Reguler Angkutan Lebaran 1441 H

Jadwal Pemesanan Tiket Lebaran 2020
Jadwal Pemesanan Tiket Lebaran 2020 (KalderaNews/Ist)

Nah, biar bisa mudik Lebaran, tak ada salahnya mempersiapkan diri untuk memburu tiket kerata dengan tips berikut ini:

  1. Pesan Tiket Kereta 90 Hari Sebelum Berangkat
    Pemesanan tiket mudik sudah mulai dibuka sejak 90 hari sebelum tanggal mudik Lebaran tiba. So, kamu harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum pembelian dibuka oleh PT. KAI, yakni jumlah tiket yang akan dibeli, siapkan identitas masing-masing calon penumpang yang akan kamu wakilkan, penentuan tanggal dan waktu, dan tentukan metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Jika semua sudah lengkap, kamu tak perlu kelimpungan saat berjibaku memesan tiket secara online. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengingatkan agar para calon penumpang untuk lebih teliti dalam meng-input tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran.
  2. Siap-Siap Bergadang
    Tips yang satu ini cukup ampuh juga nih karena di 30 menit pertama saat pembukaan pemesanan tiket mudik Lebaran biasanya langsung habis terjual. So, alangkah jitunya jika kamu memesannya mulai tepat pukul 12 malam karena peluang mendapatkan tiketnya besar.
  3. Pastikan Koneksi Internet Stabil
    Karena traffic pemesanan tiket kereta Lebaran bakal sangat tinggi, bukan tidak mungkin server dari website pemesanan down. Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, terang Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar. Ia juga berpesan supaya saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil. Koneksi internet yang stabil itu penting, setidaknya agar pemesanan tiket tetap terhubung hingga di halaman pembelian. Untuk itu, kamu bisa mencari tempat-tempat dengan jaringan internet kenceng atau memasang jaringan internet dengan koneksi yang oke punya.
  4. Jangan Terpaku Website KAI Saja
    Untuk meningkatkan peluang mendapatkan tiket Lebaran, ada baiknya tidak terpaku pada website KAI saja. Kamu wajib menyiapkan alternatif lain yang bisa memberikanmu peluang lebih besar juga untuk mendapatkan tiket kereta mudik Lebaran kamu, tapi di channel-channel resmi. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meminta untuk memastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar.
  5. Siapkan Rute dan Tanggal Alternatif
    Direktur Utama KAI Edi Sukmoro berpesan agar pencari tiket Lebaran menyiapkan rute atau tanggal alternatif perjalanan dan cek ketersediaan tiket secara berkala. Ini penting karena mana tahu tiket kereta Lebaran 2020 yang kamu inginkan sudah terjual habis, jadi kamu bisa dengan cepat memesan tiket di tanggal alternatif yang sudah kamu siapkan. Begitu juga dengan rute alternatif. Misalkan tiket mudik dari Jakarta ke Purwokerto habis, kamu bisa memilih rute alternatif ke Bandung terlebih dahulu.

So, jangan sampai gagal mudik Lebaran gara-gara nggak dapat tiket kereta ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*