Masih Bingung Pilih PTN dan Program Studi? Simak Tips Berikut Ini




Ilustrasi: Tips memilih PTN dan program studi dalam SNMPTN 2020. (Ist.)
Ilustrasi: Tips memilih PTN dan program studi dalam SNMPTN 2020. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah resmi dibuka, Jumat, 14 Februari 2020 pukul 14.00. Pendaftaran akan berlangsung hingga Kamis, 27 Februari 2020.

Pendaftaran ini terbuka bagi siswa yang telah dinyatakan lolos pemeringkatan oleh sekolah. Dan, LTMPT melalui PDSS telah menerbitkan daftar siswa yang bisa mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.

BACA JUGA:

Nah, jika nama kamu layak untuk mendaftar SNMPTN 2020, maka tahap berikutnya yang paling menentukan adalah memilih PTN dan program studi. Bisa jadi, ini menjadi tahap yang sulit bagi kamu, sebab akan sangat menentukan apakah kamu bisa diterima atau tidak.

Maka, pertimbangkan dengan seksama untuk memilih PTN dan program studinya. Jika perlu ajak guru, orangtua, atau teman kamu untuk ikut mendiskusikan pilihan PTN dan program studinya.

Jika kamu masih bingung, yuk simak tips berikut ini, agar kamu semakin yakin dengan pilihan PTN dan program studinya:

Pahami aturan pemilihan PTN dan program studi

Berikut ini beberapa aturan yang telah ditetapkan dalam pemilihan PTN dan program studinya:

  1. Siswa pendaftar SNMPTN 2020 bisa memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan siswa pendaftar.
  3. Siswa pendaftar akan diseleksi terlebih dahulu di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  4. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.
  5. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan masing-masing PTN.
  6. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan Kepala Sekolah.
  7. Siswa pendaftar SNMPTN 2020 wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Menimbang jumlah saingan

Dengan mengetahui daya tampung setiap program studi di sebuah PTN pilihan bisa menjadi cara awal untuk memilih. Daya tampung ini menunjukkan indikasi bahwa program studi di PTN tersebut sulit atau mudah ditembus, dan persaingan dalam mendapatkan kursi di program studi tersebut.

Untuk itu kamu bisa mencari tahu lewat beragam informasi tentang daya tampung ini. Kamu bisa juga langsung mengontak sejumlah PTN pilihan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Sesuaikan dengan minat dan bakat

Dalam memilih PTN dan program studi, kamu juga mesti mempertimbangkan minat dan bakat kamu. Tentu hal ini hanya kamu yang mengetahui. Hindari mengikuti tren atau hanya ikut-ikutan dengan teman!

Karena pilihan kamu ini akan menentukan perjalanan pendidikan kamu selama tiga atau empat tahun ke depan. Jika kamu memilih sesuai dengan minat dan bakat kamu, tentu kamu akan menjalaninya dengan penuh semangat.

So, itulah beberapa tips untuk memilih PTN dan program studi dalam SNMPTN 2020. Selamat mencoba, para pejuang SNMPTN 2020! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*