Yuk Kenali 5 Penyebab Rasa Bosan saat Belajar

Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan Belajar. (Ist.)
Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan Belajar. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam satu hari, kamu belajar berapa jam? Coba deh hitung! Mulai pagi di sekolah, lalu siang sampai sore ikut ekstrakurikuler. Setelah itu, kamu ikut bimbel. Pulang ke rumah masih harus belajar lagi untuk pelajaran-pelajaran esok hari.

BACA JUGA:

Pernah bosan belajar gak? Pasti pernah dong! Yuk kenali penyebab-penyebab munculnya rasa bosan saat belajar!

Tak Fokus pada tujuan
Belajar itu pasti punya tujuan, misal ingin naik kelas, agar nilai ujian lebih baik, untuk memahami sebuah soal, mempersiapkan ujian, dan yang lain. Nah, terkadang kita lupa tujuan belajar, sehingga cepat bosan. Maka, tetapkanlah tujuan terlebih dahulu sebelum kamu belajar.

Lingkungan tak mendukung
Lingkungan dan dukungan amat penting dalam belajar. Lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan lebih mendukung belajar. Selain itu, dukungan dari orang-orang di sekitar kita juga amat penting dalam belajar. Dukungan orangtua, saudara, dan teman-teman akan membuat kamu semakin bersemangat belajar dan tidak cepat bosan.

Belajar yang asal-asalan
Agar kamu tak cepat bosan belajar salah satu caranya adalah dengan mengenali diri sendiri. Ini penting agar kamu bisa mengenali pula cara belajar yang tepat untuk diri kamu sendiri. Ada orang yang sekali membaca langsung bisa, tapi ada pula yang mesti membaca berkali-kali. Ada orang yang belajar mesti ditemani iringan musik, namun ada yang harus sepi. Ada bermacam-macam cara orang belajar. Nah, carilah cara belajar yang tepat untuk diri kamu sendiri, sehingga belajar menjadi tidak asal-asalan.

Tidak istirahat
Terkadang masih ada saja yang baru belajar menjelang ujian. Tidak salah, tapi kadang membuat kamu lupa istirahat. Nah, ini juga bisa menjadi penyebab kamu cepat bosan belajar. Maka, lebih baik belajar secar rutin, daripada dengan sistem “kebut semalam”.

Ingin yang instant
Kamu mesti ingat, bahwa belajar itu tak ada yang instant. Semua membutuhkan proses. Dan justru proses inilah yang paling penting. Dengan menjalani proses tahap demi tahap, kamu akan semakin memahami sebuah persoalan.

So, itulah beberapa penyebab rasa bosan kerap hinggap kala sedang belajar. Dengan tahu penyebabnya, kamu tentu lebih bisa mengatasi penyebab itu. Selamat belajar, Gaes! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*