Begini Lho Cara Penularan Virus Corona, Yuk Rajin Bersihkan Rumah

Ilustrasi: Tips membersihkan rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Tips membersihkan rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk menghindari penyebaran virus corona baru atau Covid-19, beberapa ahli menyarankan untuk menjaga kebersihan di dalam rumah. Penelitian sementara menyebutkan bahwa coronavirus umumnya ditularkan ketika orang yang terinfeksi menghasilkan tetesan dari organ pernapasan yang dapat menular ke orang lain di sekitarnya.

BACA JUGA:

Seorang ahli epidemiologi dan profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan, Aubree Gordon, mengatakan bahwa virus corona juga dapat menyebar dengan cara lain. “Bisa ditularkan melalui transmisi tidak langsung, di mana virus menempel di permukaan, lantas orang menyentuh permukaan dan kemudian tangan mereka menyentuh mulut, hidung atau mata mereka,” ujar Aubree.

Maka, ia menyarankan agar lebih menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya, terutama di bagian-bagian yang paling sering disentuh tangan. Membersihkan rumah bisa dilakukan setiap hari atau minimal satu kali dalam satu minggu.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan rumah:

  • Bersihkan meja dapur, wastafel, kabinet, gagang pisau dan talenan, gagang kompor gas, dan peralatan dapur lainnya.
  • Gunakan serbet yang bisa dicuci setiap hari dan diganti dengan rutin. Upayakan satu atau dua sekali gantilah handuk atau serbet di dapur.
  • Bersihkan tumpahan dengan cepat sehingga tidak menumpuk lebih banyak kotoran dan bakteri.
  • Kosongkan keranjang sampah dan buang sampah setiap hari.
  • Bersihkan keran, gagang pintu kamar mandi, shower, tempat sikat gigi, serta peralatan di kamar mandi yang lain setiap hari.
  • Gantilah handuk mandi lebih sering dan mencuci pakaian lebih dari sekali untuk mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri.
  • Bersihkan tempat tidur dan ganti seprai secara berkala. Batasi pula mengibaskan selimut dan seprai sebelum dicuci untuk meminimalkan penyebaran debu dan kuman.
  • Mengepel lantai permukaan keras dan bersihkan karpet dengan penyedot debu.
  • Bersihkan keyboard dan mouse komputer, sakelar lampu, ponsel, dan remote control. Pastikan untuk mematikan daya pada elektronik apa pun sebelum membersihkan.

So, itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan kala membersihkan rumah. Kebersihan adalah sebagian besar dari iman dan kebersihan pangkal kesehatan. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*