Dosen UGM Berhasil Ciptakan Bio Hand Sanitizer, Bisa Cegah Penyebaran Virus Corona




Dr Ronny Martien. (Dok. UGM)
Dr Ronny Martien. (Dok. UGM)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr.rer.nat. Ronny Martien, M.Si., brehasil menciptakan hand sanitizer spray nanopolimer berbahan herbal. Produk ini menjadi alternatif antiseptik yang belakangan langka di pasaran akibat penyebaran virus corona.

BACA JUGA:

Produk inovasi ini berbahan baku daun sirih hijau. Maka, produk ini diberi nama Spray Nanopolimer Infusa Daun Sirih. Ronny telah memulai membuat produk ini sejak setahun lalu. Daun sirih hijau dipilih sebagai bahan baku, lantaran memiliki aktivitas antibakteri yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti Staphylococcus auerus dan Escherichia coli.

Ronny mengatakan bahwa hand sanitizer ini dibuat dengan menggunakan teknologi nano. Jadi, formulasi dalam bentuk nanopartikel dilakukan, lantaran daun sirih hijau memiliki kelarutan yang relatif rendah dalam air. Dengan cara ini mampu meningkatkan sistem penghantaran obat dan kestabilan zat aktif dalam infusa daun sirih.

“Sudah diuji di laboratorium aktivitasnya sebagai antibakteri. Hasilnya lebih baik dalam menghambat pertumbuhan bakteri daripada ekstrak yang tidak diformulasikan nanopartikel,” kata Ronny. Spray nanopolimer infusa daun sirih ini dibuat bebas alkohol dengan menformulasikan infusa daun sirih dengan kitosan.

Hadirnya produk ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif solusi mengatasi kelangkaan hand sanitizer di pasaran. “Harapannya produk spray nanopolimer infusa daun sirih ini bisa membantu masyarakat menjaga kesehatan dan mengatasi langkanya antiseptik di pasaran,” ucapnya. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*