Heboh Tik Tok, Ini Fakta yang Wajib Kamu Tahu, Pernah Diblokir Pemerintah Lho




Ilustrasi; Aplikasi Tik Tok. (Ist.)
Ilustrasi; Aplikasi Tik Tok. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Meskipun baru tiga tahun di Indonesia, aplikasi Tik Tok telah mencuri perhatian masyarakat, terutama di kalangan orang muda. Melalui aplikasi ini, mereka bisa menuangkan imajinasi dan mengekspresikan kreativitas dalam karya video hiburan berdurasi singkat dengan berbagai tema, mulai dari komedi, kuliner, make up, horor, dan yang lain.

BACA JUGA:

Lantas, apa saja fakta menarik tentang Tik Tok di Indonesia? Yuk simak rangkuman berikut ini:

Kalahkan Facebook dan Instagram
Meskipun awalnya hanya untuk orang muda, bukan berarti “yang tua” tidak boleh menggunakan aplikasi Tik Tok. Semua kalangan kini sedang demam Tik Tok. Dan ini terbukti, Tik Tok berhasil mengalahkan Facebook dan Instagram. Menurut Store Intelligence dari Sensor Tower, Tik Tok menempatkan diri pada posisi ketiga setelah WhatsApp dan Messenger sebagai aplikasi non-gaming yang banyak diunduh dari Android dan iOs. Baru kemudian disusul Instagram dan Facebook.

Berasal dari Tiongkok
Tik Tok merupakan aplikasi pengembang asal Tiongkok, ByteDance. Perusahaan ini didirikan Zhang Yiming, yang juga pendiri layanan Toutiao, aplikasi berita untuk pengguna di Tiongkok. Yiming mengatakan, Tik Tok memang digunakan untuk generasi muda. “Aplikasi ini memang ditujukan untuk orang muda,” tuturnya sarjana software engineering itu.

Zhang Yiming pendiri ByteDance, pencipta Tik Tok. (Ist.)

Terkenal berkat Tik Tok
Banyak orang memanfaatkan aplikasi ini untuk meraup kepopuleran. Sudah ada puluhan orang Indonesia yang berhasil menjadi seleb Tik Tok, seperti Prabowo Mondardo alias Bowo Alpenliebe, Shandy, Arya Febrian, Adey Dedey, Nurraini, Nadia Zerlinda, Barbiebel, dan masih banyak lagi.

Kian hits karena challenge
Yang membuat orang penasaran mencoba Tik Tok karena banyak pengguna yang memposting video Tik Tok di akun Instagramnya dengan berbagai hastag challenge dan menjadi viral. Sebut saja, #jelahahkuliner dan #belajarbareng yang merupakan program dari Tik Tok. Ada juga #anysongchallenge, #djtariuburubur, #theweekend, #lalalachallenge, #aroundtheworldchallenge, #handswapchallenge, #chickennoodlesoupchallenge dan yang lain.

Jadi promosi bisnis
Nah, selain bisa membuat orang populer, Tik Tok juga bisa dimanfaatkan seabgai ajang promosi. Dengan 625 juta pengguna aktif, dan tentu akan terus bertambah, menjadi lahan pasar yang menggiurkan bagi pebisnis untuk menggaet peluang konsumen. Sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan Tik Tok sebagai sarana untuk memasarakan aneka produk.

Pernah diblokir Kemenkominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pernah memblokir Tik Tok, lantaran banyak akun-akun yang memuat konten negatif. Pemblokiran Tik Tok terjadi dalam kurun seminggu, yaitu pada 3-10 Juli 2018, dengan alasan banyak konten dan akun yang berunsur pornografi. Setelah Tik Tok berhasil menghapusnya, barulah Tik Tok dibuka kembali. Dan menariknya, pada Agustus 2019, Kominfo membuat akun Tik Tok untuk menyebarkan konten-konten positif.

So, itulah beberapa fakta tentang Tik Tok. Kamu sudah membuat konten di Tik Tok? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*