Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo: Satu-satunya Anak Perempuan yang Sekolah di Desanya

Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo tutup usia pada Rabu, 25 Maret 2020. Seperti apa sosok Sujiatmi saat masih sekolah? Berikut ini penelusuran KalderaNews.

Lahir pada 14 Februari 1943 silam, anak bungsu dan perempuan satu-satunya dari tiga bersaudara pasangan Wirorejo dan Sani ini menjadi anak perempuan satu-satunya di Desa Gumukrejo, Kelurahan Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang mengenyam bangku sekolah.

Ia bersama kakak lelakinya sekolah di SD Kismoyo yang jaraknya 5 kilometer dari rumahnya. Jarak ini ditempuhnya dengan berjalan kaki dan sesekali dengan sepeda. Saat di bangku sekolah, ia menonjol di pelajaran berhitung.

BACA JUGA:

Setelah SD ia melanjutkan pendidikannya di tingkat SMP. Saat SMP inilah ia kenal Widjiatno yang dalam perjalanan waktu menjadi pasangan hidupnya.

Saat ia SMP ini, Widjiatno tiga tahun lebih tua dan sekolah di tingkat SMA. Keduanya berpacaran 2 tahun dan memutuskan menikah pada 23 Agustus 1959.

Usia Sujiatmi waktu baru 16 tahun dan Widjiatno yang kelak bernama Notomiharjo berusia 19 tahun. Tentu saja, keduanya belum lulus sekolah.

Sujiatmi memutuskan berhenti sekolah setelah pernikahan tersebut. Usai pesta pernikahan tersebut, keduanya hijrah ke Solo dan mulai merintis usaha kayu mengikuti jejak kedua kakak Sujiatmi.

Sebelum menjadi pengusaha kayu sukses dengan ribuan karyawan dan delapan pabrik, keduanya harus berjuang keras. Pun saat melahirnya anak pertamanya pada 21 Juni 1961 yang diberinama Joko Widodo (Jokowi).

Di usianya yang baru 18 tahun, ia harus sendirian di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Solo karena prosesnya dilarang pihak rumah sakit ditunggui keluarganya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*