Mau Jadi Mahasiswa Berprestasi? Yuk Simak Syarat dan Tahap Pendaftarannya

Petunjuk Pilmapres 2020. (Dok. Kemendikbud)
Petunjuk Pilmapres 2020. (Dok. Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2020. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2020 terbagi menjadi dua jenjang, yaitu jenjang Sarjana dan jenjang Diploma.

BACA JUGA:

Maka, semua perguruan tinggi di Indonesia diberi kesempatan untuk mendaftarkan perwakilan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi. Informasi detail dapat dilihat pada laman resmi Pusat Prestasi Nasional https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/.

Persyaratan:

  1. Terdaftar pada PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana atau Diploma maksimal semester VI.
  2. Berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2020 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00.
  4. Belum pernah menjadi pemenang Pilmapres Tingkat Nasional.
  5. Menunjukkan Surat Pengantar dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan wakil resmi mahasiswa berprestasi program sarjana/ diploma dari perguruan tingginya.
  6. Setiap perguruan tinggi hanya diwakili satu orang peserta Program Sarjana dan atau satu orang peserta Program Diploma.

Penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dimulai dengan seleksi di tingkat perguruan tinggi. Peserta yang lolos seleksi tingkat perguruan tinggi, kemudian mendaftarkan diri secara daring untuk mengikuti seleksi tahap 1. Peserta yang lolos di tahap 1 berhak mengikuti seleksi ke tahap 2 setelah memenuhi persyaratan. Peserta yang lolos di tahap 2 akan diundang untuk seleksi ke tahap final.

Pendaftaran Peserta

  1. Peserta perwakilan perguruan tinggi, 1 (satu) orang peserta Program Sarjana dan/atau 1 (satu) orang peserta Program Diploma mendaftar secara daring melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.
  2. Peserta yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan password melalui e-mail peserta untuk mengikuti seleksi babak penyisihan tahap 1.

Babak Penyisihan

Tahap 1

  • Panitia berkoordinasi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) masing-masing wilayah untuk penyelenggaraan seleksi di babak penyisihan tahap 1.
  • Peserta mengisi portofolio kegiatan kemahasiswaan yang diunggulkan, dan mengunggah bukti melalui laman yang disediakan.
  • Peserta mengikuti tes bahasa Inggris dan wawasan kebangsaan berbasis komputer (Computer Based Test) pada tanggal yang ditentukan.
  • Panitia mengumumkan peserta program sarjana dan program diploma yang lolos ke babak penyisihan tahap 2 melalui laman yang disediakan. Khusus untuk program Sarjana, panitia mempertimbangkan keterwakilan wilayah untuk peserta tahap 2, minimal 1 (satu) wakil terbaik dari PTN dan 1 (satu) wakil terbaik dari PTS.
  • Peserta yang berhasil lolos di babak penyisihan tahap 1 mendapat pengakuan dari LLDIKTI sebagai mahasiswa berprestasi tingkat wilayah.

Tahap 2

  • Peserta mengirimkan Naskah Gagasan Kreatif untuk menyelesaikan masalah pembangunan yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. Untuk program Sarjana dapat berupa konsep atau strategi sedangkan untuk program diploma harus berupa uraian produk yang dihasilkan. Naskah dikirimkan ke laman yang telah disediakan.
  • Dewan Juri menilai gagasan kreatif untuk menetapkan finalis.
  • Panitia mengumumkan nama finalis melalui laman yang disediakan.

Babak Final

Babak final merupakan proses seleksi tahap akhir untuk menentukan pemberian gelar Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional pada berbagai kategori. Babak final merupakan proses asesmen tatap muka antara peserta dengan para juri.

  • Para finalis mengikuti program pembekalan untuk mengemban peran sebagai Mahasiswa Berprestasi nasional.
  • Para finalis akan dibekali pengembangan softskills (kemampuan komunikasi, kerja sama, berfikir kritis, kreativitas, inisiatif, kepercayaan diri, kegigihan, kepedulian, dan kepemimpinan) melalui berbagai kegiatan partisipatif.
  • Dewan Juri mengamati dan menilai: a) sikap/perilaku finalis menggunakan instrumen asesmen kompetensi, b) gagasan kreatif yang diungkapkan secara lisan dalam bahasa Indonesia dengan alat bantu poster gagasan, c) komunikasi dalam bahasa Inggris selama menjalani beberapa aktivitas, serta memverifikasi portofolio/ produk untuk menetapkan mahasiswa berprestasi utama tingkat nasional dan mahasiswa unggul pada bidang tertentu.
  • Dewan juri merekomendasikan para pemenang untuk ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Panitia mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada para pemenang.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*