Mulai Frustasi? Begini Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah, Yuk Simak!




Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com  Hampir semua daerah di Indonesia telah mengambil kebijakan untuk menghentikan sementara semua kegiatan di satuan pendidikan. Hal ini untuk memutus rantai penyebaran virus corona alias covid-19.

Peserta didik dari semua jenjang pendidikan pun diminta belajar di rumah secara daring. Tentu bukan hal mudah, terutama orangtua, untuk mendampingi putra-putrinya belajar secara daring di rumah.

BACA JUGA:

Banyak ahli memang menyarankan agar orangtua membuat suasana belajar di rumah menjadi menyenangkan. Tapi bagaimana caranya? Nah, ini tentu butuh strategi yang jitu. Yuk intip tips berikut agar putra-putri Anda senang belajar di rumah!

Menyamakan tujuan
So, pertama kali yang perlu Anda ketahui adalah harapan dan tujuan pihak sekolah selama anak-anak belajar secara daring di rumah. Misal, target belajar apa yang mesti dicapai selama belajar di rumah atau tugas-tugas apa yang harus diselesaikan di rumah atau materi-materi apa saja yang perlu dikuasai selama belajar dari rumah.

Hal ini penting untuk diketahui orangtua siswa, agar tidak frustasi saat mendampingi anak-anak belajar di rumah. Pihak sekolah pun mesti terus mengkomunikasikan hal ini kepada orangtua, dan para pendidik juga terus memantau melalui saluran komunikasi yang ada.

Beri pemahaman kepada anak dan buat kesepakatan
Alasan mengapa harus belajar di rumah juga mesti dijelaskan kepada anak-anak. Sehingga mereka juga mendapat pemahaman yang utuh, lantaran berada terus di dalam rumah bisa saja membuat mereka jenuh.

Lantas, buatlah kesepakatan bersama anak-anak tentang kegiatan belajar selama di rumah. Jika anak belum bisa membuat jadwal belajar, Anda bisa membantunya. Dan jadwal tersebut mesti diketahui oleh seluruh penghuni rumah, agar bisa saling mendukung. Suasana yang nyaman di rumah tentu akan membuat anak-anak semakin senang belajar di rumah.

Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist)

Buat kegiatan yang kreatif
Belajar bukan hanya tentang mata pelajaran. Belajar itu bisa tentang apa saja yang membantu anak-anak memahami sesuatu. Maka, buatlah banyak hal kreatif untuk membantu anak-anak bisa cepat memahami suatu ilmu, apa pun itu.

Anda bisa membuat kegiatan atau memanfaatkan benda-benda di dalam rumah untuk sarana belajar. Atau bisa juga dengan belajar online yang menyenangkan secara bersama-sama. Atau membuat prakarya yang melibatkan semua keluarga juga bisa menjadi pilihan yang mengasyikan untuk belajar. Atau menonton film yang sarat dengan muatan edukasi juga bisa jadi alternatif.

So, ada banyak strategi untuk mendampingi anak-anak belajar di rumah. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*