Rapid Test Corona Massal Bakal Segera Direalisasikan di Indonesia




Sejumlah dokter di Jakarta memutuskan tidak praktek karena Corona dan memilih work from home, kecuali darurat bisa dengan perjanjian terlihat di papan pengumuman di sebuah klinik di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020
Sejumlah dokter di Jakarta memutuskan tidak praktek karena Corona dan memilih work from home, kecuali darurat bisa dengan perjanjian terlihat di papan pengumuman di sebuah klinik di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah akan segera melaksanakan rapid test virus corona (Covid-19) massal di Indonesia. Hal ini ditegaskan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Agar rapid test Covid-19 dapat berjalan lancar, presiden telah meminta Kementerian Kesehatan memperbanyak alat tes sekaligus tempat tes.

BACA JUGA:

Tidak hanya Kemenkes, unsur rumah sakit pemerintah, BUMN, TNI-Polri, hingga swasta akan dilibatkan demi kelancaran rapid test massal ini. Hal yang sama terbuka untuk lembaga riset dan perguruan tinggi yang mendapatkan rekomendasi dari Kemenkes.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjelaskan rapid test adalah mekanisme pemeriksaan spesimen pasien terduga Covid-19 bukan menggunakan metode swab tenggorokan (mengambil cairan di tenggorokan), melainkan dengan sampel darah.

Keunggulan metode ini tidak membutuhkan sarana prasarana pemeriksaan laboratorium pada biosecurity level II. Karenanya, tes ini bisa dilaksanakan di hampir seluruh RS di Indonesia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*