Tidak Mau Tertular Covid-19, Disiplinlah dengan 4 Tips Berikut Ini

Peserta didik SDK PENABUR Bintaro Jaya cegah penyebaran virus Corona dengan cuci tangan bersama tiap pagi (KalderaNews/Dok Sekolah)
Peserta didik SDK PENABUR Bintaro Jaya cegah penyebaran virus Corona dengan cuci tangan bersama tiap pagi (KalderaNews/Dok Sekolah)

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa inkubasi adalah jangka waktu antara terjangkit virus dan munculnya gejala penyakit. Pada umumnya masa inkubasi Covid-19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari, umumnya sekitar lima hari.

Sayangnya, hingga saat ini tidak sedikit masyarakat yang tidak disiplin dalam upaya mencegah virus yang terus memakan korban ini. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengaku prihatin kontak dekat masih terjadi dan mencuci tangan dengan sabun belum dimaksimalkan.

Lantas apa saja yang sebaiknya dilakukan biar tidak tertular Corona? Berikut ini 4 cara pencegahan yang dapat kamu dan keluargamu lakukan seperti dikuti dari situs resmi covid19.go.id:

  1. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau bila tidak tersedia, cairan pembersih tangan berbahan alkohol (60%)
  2. Tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dengan siku terlipat atau tisu yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup setelah dipakai
  3. Jaga jarak bicara minimal 1 meter. Jauhi orang yang terlihat memiliki gejala-gejala flu
  4. Bila kamu atau keluarga kamu mengalami demam, batuk atau sesak napas, segera cari pengobatan medis

“Pondasi utamanya adalah mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir sebelum sebelum makan dan minum serta sebelum menyentuh wajah, hidung, mata dan mulut,” tegas Yurianto.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*