5 Tips Agar Anak Tak Gampang Bosan Selama Belajar di Rumah

Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan Belajar. (Ist.)
Ilustrasi: Kenali Penyebab Rasa Bosan Belajar. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam beberapa hari terakhir ini para pelajar dan mahasiswa menjalani model pembelajaran di rumah atau belajar di rumah gara-gara Corona.

Beberapa mungkin sudah merasakan kebosanan karena tidak bertemu dengan teman-teman dan guru. Tak dipungkiri, banyak anak lebih memilih sekolah di kelas dibanding belajar mandiri di rumah dengan aplikasi.

Nah, biar tidak bosan, orangtua perlu kreatif agar anak tidak mudah bosan. Maklum saja, belajar di rumah bukannya tanpa tantangan. Belajar di rumah justru tidak mudah, juga bagi orangtua.

BACA JUGA:

Dengan kondisi yang lebih fleksibel karena tidak ada guru di sekolah yang mengawasi, bisa saja anak jadi malas-malasan mengerjakan tugasnya. Nah, biar anak tetap bersemangat dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah, berikut ini 5 tips yang bisa diterapkan:

  1. Tetap Bangun Pagi
    Meski belajar di rumah, terapkan lah aktivitas seperti biasa, seperti saat anak sekolah, yakni dengan memastikan anak tetap bangun pagi, sarapan tepat waktu, pakai baju yang rapi, hingga punya waktu istirahat di siang hari. Rutinitas semacam ini justru akan membuat anak bersemangat karena meski di rumah tetap harus dicamkan bahwa mereka tidak libur. Beda halnya kalau anak dibiarkan begitu saja maka cenderung malas-malasan. Belajar di rumah tidak berarti libur. Jelaskan lah sedetail mungkin mengapa kebijakan belajar di rumah ini diterapkan sekaligus sebagai sarana edukasi bahaya Corona.
  2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif
    Menyediakan ruangan khusus yang kondusif dengan sirkulasi udara yang bagus penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar di rumah alias tidak gampang teralihkan sehingga belajarnya menjadi maksimal. Nah, saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk rehat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa ia sukai. Selain itu, tak ada salahnya juga, untuk menyajikan berbagai camilan sehat kesukaan anak agar ia tetap semangat belajar.
  3. Buat jadwal seperti jam belajar di sekolah
    Membuat jadwal seperti jam belajar di sekolah akan membuat anak sadar bahwa belajar di rumah bukan bearti libur sehingga bisa bermalas-malasan. Jadwal penting untuk tanggungjawab anak. Kapan anak belajar, istirahat, makan dan kapan berakhir penting juga melatih kemandirian anak. Karena tidak boleh keluar rumah, tentu orangtua perlu kreatif membuat akan betah di rumah.
  4. Games
    Menyiapkan permainan (bukan main games online) bisa membuat anak tetap aktif dan kreatif, apalgi anak usia dini. Games yang edukatif bisa mengasah kemampuan kognitif, seperti menebak warna, nama hewan, nama ibu kota negara dan lain sebagainya.
  5. Semangati dalam mengerjakan tugas dari guru
    Meski belajar di rumah, beberapa guru memberikan tugas untuk anak didik. Peran orangtua di sini adalah mengecek untuk memastikan dan menyemangati anak dalam emngerjakan tugas. Jikalau tidak ada tugas khusus, baik juga orangtua menjadi guru kelasnya untuk sementara dengan memintanya untuk membaca buku hingga halaman tertentu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*