Apakah Covid-19 Menular Melalui Paket Belanja Online? Ini Penjelasannya

Ilustrasi: Menerima paket belanja online. (Ist.)
Ilustrasi: Menerima paket belanja online. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kini, di tengah pandemi virus corona alias Covid-19, belanja online menjadi salah satu solusi untuk memenuhi aneka kebutuhan. Lantaran, kita mesti menaati anjuran pemerintah agar di rumah saja, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Namun, apakah paket yang telah kamu pesan tersebut terjamin keamanan dan kebersihannya? Bagaimana pun paket-paket tersebut telah melalui tangan banyak orang sebelum sampai di tangan kamu. Apalagi jika paket tersebut berasal dari daerah yang telah terjangkit Covid-19.

BACA JUGA:

Nah, menurut WHO, seperti dilansir dari laman resminya, menerima paket dari wilayah manapun dinilai aman. Hal itu karena orang yang terinfeksi dari barang kemungkinannya rendah. Pun risiko tertular virus dari paket atau benda yang telah dipindahkan dan terkena berbagai kondisi serta berbagai suhu, rendah.

Tak mungkin orang dapat terkena virus corona dari kotak kardus, sebab virus itu tidak mampu hidup untuk waktu yang lama di permukaan yang keras. Penularan Covid-19 secara langsung adalah dari orang yang terinfeksi. Droplets atau tetesan batuk atau bersin orang yang terinfeksi jika mengenai orang lain, maka orang tersebut berisiko tertular.

Namun, jika kamu masih khawatir, yuk ikuti beberapa tips berikut ketika menerima paket:

  • Sebaiknya jangan menerima barang atau paket secara langsung. Mintalah pekerja atau petugas yang mengirimkan untuk meletakkan barang tersebut di pintu gerbang.
  • Jika terpaksa kamu harus menerima barang kiriman atau paket tersebut secara langsung, maka jaga jarak paling tidak 2 meter.
  • Segera letakkan paket tersebut di area terbuka. Semprotkan cairan disinfektan ke paket tersebut. Tunggu 5-6 menit dan kemudian bersihkan dengan tisu.
  • Setelah membuka seluruh paket, jika barang kiriman tersebut bisa dicuci segeralah dicuci. Tapi jika tak bisa dicuci, bersihkan dengan cairan disinfektan.
  • Selesai membersihkan seluruh isi paket, segera cuci tangan kamu dengan dengan sabun minimal 20 menit.
  • Perlu diingat, selama membersihkan paket, jangan sekali-sekali menyentuh muka kamu.
  • Untuk metode pembayaran, sebaiknya lakukan pembayaran secara online. Tapi jika tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara online, maka kamu tetap harus menjaga jarak dan menjaga kebersihan diri.

So, seperti paparan tersebut, sebenarnya Covid-19 memang tak menular melalui kiriman paket belanja online. Namun, kamu tetap harus berjaga-jaga dan waspada ya, Gaes! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*