Inilah Kumpulan Terlengkap Ucapan Permintaan Maaf Syahdu dan Mendayu Jelang Puasa Ramadan

Mohon Maaf Lahir dan Batin
Mohon Maaf Lahir dan Batin (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada tradisi baik sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan yakni saling meminta maaf atau bermaaf-maafan untuk menyucikan diri dari dosa. Baik sengaja atau tidak, kita pasti pernah melakukan kesalahan atau dosa kepada orang lain walaupun sekecil apa pun.

Sebagai seorang muslim tentu diwajibkan untuk saling maaf-memaafkan kepada muslim lain. Permintaan maaf bisa disampaikan pada orang anggota keluarga, sahabat, teman, teman kuliah, teman bermain, teman kos dan orang terdekat.

Permintaan dan ucapan permintaan maaf yang tak bisa disampaikan secara langsung biasanya dikirimkan lewat aplikasi medsos yang dimiliki, entah whatsApp, Line, Telegram, Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

BACA JUGA:

Nah, jika masih bingung mau nulis apa, berikut ini referensi kumpulan ucapan dan kata-kata maaf sebelum berpuasa yang syahdu dan mendayu:

  1. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa
  2. Kerinduan pada bulan suci Ramadan akan segera terobati. Tinggal menunggu beberapa hari kita akan memasuki bulan yang penuh barokah tersebut. Sebelum itu, ijinkan lah aku meminta maaf atas semua salah kepadamu baik disengaja ataupun tidak. Semoga kita semua selalu dalam limpahan rahmat-Nya.
  3. Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  4. Marhaban ya Ramadan. Bulan suci Ramadan akan segera tiba. Sudah saatnya untuk menyucikan diri dari keburukan dan memperbaiki amal perbuatan dalam kebaikan. Dengan segala kerendahan hati, aku meminta maaf lahir batin. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.
  5. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  6. Sebentar lagi bulan Ramadan yang penuh berkah akan segera tiba. Siapkan hati dan jiwa untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Illahi. Dengan segenap jiwa dan raga, saya meminta maaf apabila telah berbuat salah. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  7. Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  8. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadhan yang suci. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  9. Tidak ada tindakan yang lebih bijaksana kepada sesama manusia selain meminta maaf atas semua kesalahannya. Kepada saudaraku sesama muslim, saya (nama anda) meminta maaf atas dosa dan salah yang saya lakukan kepada (penerima maaf). Semoga di dalam bulan suci yang akan segera datang, kita selalu bersih dari segala perbuatan dosa dan maksiat.
  10. Marhaban ya Ramadan. Bulan suci yang penuh keberkehan telah tiba. Segenap syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah mengijinkan kita memasuki kembali bulan ramadhan yang telah berlalu tahun lalu. Mohon maaf lahir batin jika saya pribadi telah salah dalam tutur kata atau tingkah laku.
  11. Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.
  12. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan yang penuh dengan keindahan di dalamnya. Ijinkan saya dan keluarga saya meminta maaf apabila telah berbuat salah kepada saudara sekalian. Tidak ada yang lebih mulia selain saling meminta maaf sebagai sesama muslim. Marhaban ya ramadan.
  13. Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  14. Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan. Selamat datang Ramadan 1441 H, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.
  15. Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  16. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.
  17. Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum.
  18. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan.
  19. Jika berbuat dosa, mintalah ampunan kepada Allah. Jika berbuat salah, minta maaflah kepada orangnya. Untuk itu, mohon dimaafkan segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  20. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  21. Baju yang indah tak ada bolong maupun noda. Semoga di Ramadan tahun ini ibadah kita indah, tak ada yang bolong, tidak pula ternoda. Mohon maaf lahir batin. Selamat berpuasa.
  22. Seluruh alam berdzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  23. Puasa Ramadan 30 hari menghalangi kita dari sifat tamak. Ramadan membawa kita menuju hati yang bersih dan penuh kasih. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  24. Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan.
  25. Hati akan gelap tanpa iman. Allah hadir kan satu bulan penuh keberkahan bernama Ramadhan. Semoga Ramadan ini menjadi penerang hati dan penguat iman. Mohon maaaf lahir dan batin. Selamat berpuasa.
  26. Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  27. Kalimat yang terucap bisa menggores luka lebih dalam, daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  28. Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  29. Lidah memang tak bertulang. Tiada kita berasa patah ketika berucap. Hati orang lain yang mungkin patah karena lidah yang berucap. Mohon maaf lahir batin atas segala perkataan yang menyakitkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  30. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*